Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Sebelum kita membahas cara mengatasi insomnia ini, ada baiknya kita mengetahuai apa yang disebut dengan insomnia dan apa pula yang menjadi penyebabnya. Insomnia adalah sebuah gangguan dimana kita sulit sekali memejamkan mata dan tertidur di malam hari. Penyebab insomnia lebih banyak dikarenakan oleh faktor psikologis, stress (baca tips, cara menghilangkan stress), depresi, ketakutan maupun kegelisahan. Hal-hal tersebut secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kemampuan dan kualitas tidur seseorang.

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh


Bagi penderita insomnia, biasanya terjaga di saat orang lain menikmati istirahat tidurnya. Namun justru tertidur di saat orang lain terbangun pagi untuk memulai aktivitasnya. Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi insomnia.


Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh


1. Hindari Meminum Kafein di Malam Hari


Kebiasaan meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh di malam hari dapat mempengaruhi kemampuan dan kualitas tidur seseorang. Kafein dapat membuat jantung lebih cepat bergerak sehingga membuat kita terjaga dan sulit untuk memejamkan mata.

2. Matikan Lampu Kamar Sewaktu Tidur


Penerangan kamar yang terlalu besar juga dapat mempengaruhi kemampuan tidur seseorang. Bagi penderita insomnia, sebaik mungkin menghindari penerangan yang berlebihan sewaktu tidur. Cukup gunakan lampu kecil atau matikan sama sekali lampu kamar saat beranjak tidur.

3. Mandi Air Hangat


Mandi air hangat adalah salah satu cara mengatasinya. Dengan mandi air hangat akan membuat tubuh nyaman dan fikiran rileks. Terutama bagi kita yang selama seharian lelah dengan segala aktivitas di kantor dan tempat kerja. Usahakan mandi air hangat ketika akan beranjak tidur.

4. Rilekskan Fikiran


Banyak hal yang bisa dilakukan untuk merilekskan fikiran. Bagi kita yang menyukai hobi mendengarkan musik, bisa menggunakan musik untuk merilekskan fikiran. Caranya, dengarkanlah musik pengantar tidur dengan alunan yang melo dan lembut. Musik perlahan akan membantu kita memasuki alam bawah sadar dan tertidur. Atau, bagi yang mempunyai hobi membaca, membaca novel sebelum tidur dapat membantu mempercepat memejamkan mata dan memasuki alam mimpi.

5. Tata Kamar


Kamar tidur yang nyaman dan aman adalah salah satu syarat mutlak untuk kenyamanan tidur. Jika kamar kita adalah kamar yang biasanya berantakan, cobalah untuk menata kamar agar bersih dan nyaman untuk tidur. Semprotkan wewangian atau pasanglah lilin aroma terapi sebelum tidur. Hal tersebut akan menstimulus otak agar memberi perintah pada mata untuk segera terpejam.

6. Sejenak Lupakan Masalah


Mempunyai setumpuk masalah yang terbawa pada saat tidur akan membuat kita sering terbangun atau nyaris tak bisa memejamkan mata semalaman. Karena itu, jika kita mempunyai banyak masalah, entah itu masalah kantor, masalah keluarga, masalah dengan teman, pasangan atau masalah lainnya, cobalah untuk membuangnya sejenak saat kita tidur. Jangan membawa masalah di tempat tidur, agar kenyamanan tidur kita tidak terganggu oleh segudang masalah yang kita bawa pada fikiran.

7. Buatlah Perut Kita Kenyang


Perut lapar adalah salah satu kendala kita untuk bisa tidur nyenyak. Karena itu, buatlah perut kita kenyang saat kita beranjak ke tempat tidur. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti yang terdapat pada kacang almond dan pisang. Karena, kandungan triptofan pada pisang dan almond dapat membantu untuk mempercepat tidur.

Semoga, beberapa cara mengatasi insomnia diatas dapat membantu keluhan tidak bisa tidur dan masalah lainnya yang kita derita, jika berminat anda dapat mempelajari cara agar cepat tidur supaya keluhan dapat mudah di atasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel