Mengapa Anda sering joging tapi berat badan tidak menurun?

Jongging adalah salah satu cara menurunkan berat badan, jika Anda melakukan jogging dengan tidak benar, berat badan Anda tidak akan menurun. Mari kita cari tahu segera untuk menghindari membuat kesalahan yang membuat Anda sering jogging tapi masih belum bisa menurunkan berat badan!

Efek lari dan latihan kardio lainnya dalam penurunan berat badan tidak diragukan sama sekali. Namun, jogging atau berlari untuk mengurangi lemak perut tidak pernah menjadi proses yang mudah. Bahkan jika Anda telah menuangkan banyak keringat dan energi, berat badan Anda mungkin masih belum membaik.

Mengapa Anda sering joging tapi berat badan tidak menurun?


Mengapa Anda sering joging tapi berat badan tidak menurun?
Untuk menjelaskan ini, mungkin saja Anda membuat 4 kesalahan berikut yang menghasilkan penurunan performa olahraga, meskipun jogging aktif dan masih menurunkan berat badan.

1. Sesi joging Anda selalu sama
Tubuh kita adalah mesin yang sangat cerdas dan gesit. Jika Anda mengulangi tindakan itu untuk waktu yang lama, tubuh Anda akan berubah dan menyesuaikan diri untuk membuatnya lebih mudah dan tidak menyakitkan.

Dalam hal menjalankan berat yang sama, jika Anda tetap berlari pada kecepatan yang sama, pada saat yang sama, efisiensi latihan Anda mungkin tidak meningkat tetapi sebaliknya (meskipun Anda masih Berjalan secara teratur dan menuangkan banyak keringat. Alasannya adalah metabolisme tubuh Anda akan belajar terbiasa dengan ritme itu, dan pada saat yang sama mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Ini juga alasan mengapa olahraga yang tahan lama hanya dapat bekerja untuk waktu yang singkat dalam rencana penurunan berat badan. Latihan kardio dengan kecepatan teratur, seperti menjalankan treadmill selama 45 menit sehari, akan efektif menurunkan berat badan hanya pada periode awal. Untuk meningkatkan kinerja penurunan berat badan Anda, Anda harus melakukan diversifikasi latihan lari Anda seperti berlari, berlari, berlari atau berlari.

2. Anda berlari lebih lama tetapi tidak lebih cepat
Penentu yang sangat penting dari efektivitas semua bentuk latihan adalah intensitas latihan. Biasanya, praktisi cenderung memilih kecepatan yang dapat mereka pertahankan sepanjang waktu. Anggaplah jika Anda ingin menjalankan treadmill dan berlatih di 4/10 sehari, seberapa efektif latihannya jika Anda melatih ke 7/10 atau 8/10? dalam waktu yang lebih singkat?

Sebuah studi oleh University of Western Ontario (Kanada) telah mencoba untuk membandingkan efek dari latihan intensitas tinggi jangka pendek dan latihan intensitas rendah selama jangka waktu yang panjang. Hasilnya menunjukkan, mengejutkan, bahwa tim sprint, meskipun periode latihan yang sangat singkat, membakar lemak dua kali lebih banyak daripada yang lain.

Alasannya adalah karena tubuh Anda perlu untuk menambah jumlah ATP (energi yang dikonsumsi), mengubah asam laktat menjadi gula dan mengembalikan kadar hormon dalam darah setelah pelatihan intensif. Oleh karena itu, cobalah untuk meningkatkan penurunan berat badan Anda, sambil juga menghemat waktu untuk berlatih dengan meningkatkan intensitas berlari atau belajar cara berlari di mesin untuk mencapai hasil terbaik.

3. Anda hanya fokus pada kalori yang terbakar
Pembakar kalori built-in yang tersedia dalam latihan kardio atau teratur akan memberi tahu Anda berapa banyak kalori yang Anda konsumsi. Kesalahan menurunkan berat badan bukan tentang bagaimana Anda berlatih, ini tentang memikirkan berapa banyak kalori yang dapat Anda bakar. Angka-angka di pelacak sering membingungkan Anda dan menyarankan bahwa tubuh Anda mengkonsumsi banyak kalori dan berhenti tepat setelah Anda merasa telah mencapai tingkat yang diperlukan.

Bahkan, semua aktivitas harian Anda, seperti makan, tidur, berdiri, berpikir mengonsumsi kalori yang cukup besar. Jumlah kalori yang ada pada mesin latihan dapat diabaikan dibandingkan dengan energi yang Anda gunakan untuk mempertahankan fungsi normal tubuh. Dan mesin latihan tidak dapat mengukur jumlah kalori yang Anda konsumsi sebelumnya, atau statistik akurat dari jumlah kalori yang dikonsumsi oleh organ dalam tubuh.

Namun, bagaimana Anda berolahraga akan mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda ketika Anda tidak berolahraga. Jogging biasanya membakar kalori, tetapi berlari atau mengangkat beban akan menciptakan lebih banyak otot. Tidak perlu otot berotot seperti atlet, hanya lebih banyak otot, kegiatan rutin juga akan membakar lebih banyak kalori.

Karena itu, Anda tidak perlu khawatir tentang berapa banyak kalori yang akan dibakar, tetapi fokus pada penguatan otot dengan latihan intensitas tinggi. Tetapi tidak peduli apa, masalah kesehatan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama, Anda harus berlatih dengan benar dan berhati-hati agar tidak cedera saat berlari sering.

4. Jangan mencoba jenis kardio lainnya
Jika Anda sudah tahu betapa pentingnya gerakan otot untuk menurunkan berat badan, mungkin Anda harus sadar bahwa melakukan latihan jogging tertentu tidak akan banyak bermanfaat bagi Anda. Manfaat.

Mirip dengan memiliki sesi pelatihan yang sama, menjalankan berulang hanya dapat membakar lemak di kelompok otot tertentu seperti paha, pinggul, dan kaki. Dan jika Anda hanya melakukan itu, maka Anda secara aktif berlari tanpa menurunkan berat badan sangat mudah dimengerti. Sebagai gantinya, di sepanjang jogging, Anda harus melatih cardio jenis lain untuk membentuk kelompok otot di tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Strength and Conditioning Research, latihan yang mempromosikan latihan kekuatan seperti berlari atau berjalan (untuk waktu yang lama dengan intensitas rendah) tidak akan mendukung pertumbuhan otot. Ini tidak berarti jogging tidak berpengaruh tetapi jogging baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan, gunakan latihan kardio yang lebih intensif (seperti mengendarai sepeda, melompat tinggi) untuk mempercepat proses lebih cepat dan lebih efisien.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk berlari dan tetap menurunkan berat badan Anda harus melakukan diversifikasi aktivitas lari Anda, meningkatkan intensitas latihan Anda dan menggabungkan bentuk kardio baru!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel