Ini Tips untuk Menguruskan Badan setelah Melahirkan

Mungkin sebagian dari ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami perubahan bentuk tubuh. Sebagian dari mereka akan menganggap bahwa ini sebagai mimpi buruk dengan berat badan yang bertambah. Bagian badan seperti pinggul, perut, serta bagian tubuh lain yang membesar setelah melahirkan. Anda memerlukan cara menguruskan badan untuk mengembalikan seperti sedia kala.

Anda harus memberikan waktu dahulu bagi tubuh untuk memulihkan kondisi pasca melahirkan. Diet yang terlalu ekstrim dan latihan yang terlampau berat hanya akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda dan bayi. Cara Menguruskan badan sebaiknya dilakukan setelah delapan minggu setelah kelahiran. Jadi tak perlu khawatir mengenai cara menguruskan badan kembali ke bentuk semula secara cepat.

Cara menguruskan badan yang dapat Anda lakukan seusai melahirkan adalah dengan melakukan diet dengan gizi seimbang yang dikolaborasikan dengan latihan peregangan secara ringan. Dengan kombinasi kedua hal tersebut akan membantu Anda menguruskan badan secara alami dalam waktu beberapa bulan. Selain itu, cara menguruskan badan yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat herbal alami buatan sendiri yang secara efektif membantu pemulihan dan mengembalikan perut kecil Anda seperti sedia kala.

Ini Tips untuk  Menguruskan Badan setelah Melahirkan

Mungkin anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan tips untuk menguruskan badan setelah melahirkan berikut ini:

1. Membuat ramuan dengan kayu manis
Cara menguruskan badan yang dapat Anda lakukan setelah melahirkan salah satunya dengan membuat ramuan herbal alami seperti kayu manis. Cara membuatnya pun juga sangat mudah dengan merebus kayu manis bersama tiga cengkeh dalam 2 liter air selama 10 menit. Kemudian Anda dapat meminum air rebusan tersebut selagi masih hangat. Anda juga dapat menambahkan madu pada air rebusan yang akan Anda minum. Anda dapat mengonsumsinya selama 40 hari setelah melahirkan. Ramuan yang satu ini efektif mengatasi lemak perut Anda secara alami.

2. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur
Sayuran dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang kaya serat dan baik mengatasi lemak perut dalam jangka waktu yang panjang. Untuk jenis sayuran Anda dapat mengonsumsi seperti bunga kol, kubis, bayam, dan brokoli. Selain itu buah-buahan seperti jeruk lemon, mangga, dan pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung cara menguruskan badan Anda. Sebab semua buah dan sayur tersebut mengandung nutrisi yang dapat berfungsi sebagai penghilang lemak perut.

3. Coba terapkan diet yang sehat
Diet sehat merupakan salah satu cara menguruskan badan yang baik dan efektif. Diet sehat untuk Anda para ibu setelah melahirkan tersebut harus tinggi vitamin dan mineral, ini berfungsi penting untuk menurunkan ukuran perut Anda. Dalam program ini Anda harus merubah menu makan Anda dari kebiasaan makan fast food menjadi makanan yang bergizi seperti sayur, buah, daging sapi tanpa lemak, ayam, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak. Kurangi asupan garam karena dapat menyebabkan perut kembung.

4. Makan dengan tepat waktu dan porsi seimbang
Ibu melahirkan pasti akan mengalami perubahan hormon. Bagi ibu akan sangat memerlukan energi berlebih dalam jangka enam bulan pertama setelah melahirkan. Kebutuhan ini dikarenakan ibu harus menyusui bayi dengan ASI secara eksklusif. Sehingga jangan Anda sekali-kali melewatkan waktu makan hanya karena harapan ingin perut dan tubuh menjadi kurus kembali. Cara tersebut justru salah, sebab hal itu hanya akan menghambat metabolisme tubuh Anda dan akan berpengaruh pula pada produktifitaas ASI Anda. Maka cara menguruskan badan seperti ini salah bila Anda lakukan. Tetaplah pada pola makan yang benar tepat waktu, dengan porsi sedikit namun sering.

5. Terapkan menyusui dengan ASI
Cara menguruskan badan yang terbilang ampuh adalah dengan Anda memberikan ASI kepada si bayi secara eksklusif selama enam bulan. Menariknya, cara ini justru akan membantu Anda menurunkan berat badan setelah melahirkan. Hal ini disebabkan banyaknya kalori pada ibu terbakar saat menyusui bayi dan terjadi kontraksi rahim yang akan mengurangi ukuran uterus agar dapat kembali seperti saat sebelum hamil. Tak hanya bermanfaat untuk ibu, ASI akan membantu pembentukan antibodi tubuh bayi serta akan mendekatkan hubungan emosional ibu dan bayi.

6. Mungkin anda bisa menggunakan korset
Cara menguruskan badan terutama bagian perut dapat dilakukan dengan memakai korset. Pemakaian korset pada ibu-ibu setelah melahirkan ini akan mengurangi adanya pembengkakan serta mampu mendorong otot dan jaringan perut agar kembali ke bentuk semula. Cara menguruskan badan dengan korset ini dapat Anda lakukan selama tiga bulan setelah melahirkan. Cara ini akan membantu meratakan perut dan menegakkan punggung Anda. Korset langsung pakai bisa Anda beli di toko, namun ada juga bisa gunakan kain panjang kemudian dililitkan pada perut Anda.

7. Coba aerobik dengan teratur
Kebanyakan dari para wanita salah waktu melakukan latihan pengencangan perut, yaitu segera setelah melahirkan. Harusnya ini dilakukan setelah enam atau delapan minggu setelah masa persalinan. Cara menguruskan badan setelah melahirkan ini dapat Anda lakukan dengan cara latihan ketahanan dasar seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau melakukan renang. Beberapa latihan ini sangat efektif dalam membakar lemak dalam tubuh.

Cara menguruskan badan dengan olahraga ini dapat Anda lakukan selama beberapa minggu dan akan menunjukkan adanya penyusutan lemak tubuh. Setelah latihan tersebut, Anda dapat memfokuskan latihan dengan tujuan mengecilkan perut setelah melahirkan yaitu dengan cara melakukan sit up dan crunches. Kedua latihan tersebut bila digabungkan dengan latihan ketahanan akan dapat menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan tubuh ideal Anda kembali sebelum hamil.

8. Jangan terlalu berat mengerjakan sesuatu
Untuk ibu menyusui yang hendak melakukan latihan untuk menguruskan badan kembali ke bentuk tubuhnya sebelum masa kehamilan, sebaiknya menanti usia bayi setidaknya dua bulan. Bila merasa berat badan Anda setelah melahirkan ini terlampau berat maka baiknya diturunkan dengan cara yang benar. Lakukan dengan diet sehat dan olahraga ringan sesuai porsi. Anda jangan melakukan latihan fisik yang berat hanya karena berharap berat badan Anda segera menurun dan kembali langsing. Sebab hal ini akan membawa dampak buruk pada kesehatan diri Anda dan pada akhirnya membawa efek pada bayi. Mulailah aktifitas fisik dengan olahraga ringan dan bertahap.

9. Coba konsultasikan kepada dokter
Anda perlu diskusikan dengan dokter untuk memulai aktifitas fisik berupa olahraga. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda. Lakukan olahraga tersebut cukup selama 10 menit dan dapat ditingkat secara bertahap selama 30 menit secara rutin setiap hari. Namun Anda juga tidak boleh memaksakan diri bila kondisi tubuh Anda setelah melahirkan belum begitu kuat. Sebab proses pemulihan setiap ibu setelah melahirkan berbeda-beda dan tidak bisa dipaksakan untuk cepat. Sebab mungkin saja sebagian dari ibu mengalami proses persalinan melalui operasi. Sehingga perlu waktu untuk memulihkan jahitan bekas operasi dan hal ini tentu akan menjadi penunda Anda memulai latihan fisik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel