Tips Perawatan Tubuh Alami Dengan Benar

Sudah sepantasnya sebagai manusia mensyukuri atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan telah memberikan tubuh dengan segala isinya yang sangat sempurna sehingga kita dapat bernafas,berjalan, berlari dan lain-lain. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga dan merawat tubuh yang telah Tuhan berikan.

Pengertian dan Belajar Tentang Tubuh pada Manusia

Tips Perawatan Tubuh Alami Dengan Benar

Tubuh merupakan segala struktur fisik yang terorganisasi. Tubuh pada manusia terdiri dari 2 lengan, 2 kaki, batang badan, kepala dan leher. Manusia memiliki ukuran yang berbeda – beda, ukuran tersebut biasanya dipengarui oleh faktor setelah dilahirkan seperti diet atau olahraga. Ketika manusia mencapai kedewasaan, tubuh terdiri dari kurang lebih 100.000.000.000 sel. 

Selain itu di dalam tubuh juga terdapat sistem organ yang dirancang untuk melakukan fungsi kehidupan yang esensial. Berikut adalah sistem organ yang terdapat dalam tubuh: kardiovaskular, kekebalan tubuh, pencernaan, pernafasaan, ekskresi, perkemihan, musculoskeletal, saraf, endokrin dan reproduksi. 

Masalah pada yang Sering Terjadi Tubuh Manusia

Masalah pada yang Sering Terjadi Tubuh Manusia

Tubuh tidak selalu bekerja dengan baik. Hal tersebut dikarenakan timbulnya masalah – masalah kesehatan pada tubuh. Masalah tersebut tidak dapat begitu saja, ada beberapa faktor / hal yang dapat menyebabkan masalah tersebut muncul. Berikut adalah beberapa penyebab yang menyebabkan masalah pada tubuh.

1. Pola makan yang buruk

Makanan adalah hal yang penting bagi tubuh, karena untuk terus menjalankan tugasnya tubuh memerlukan asupan gizi yang baik. Ketika pola makan seseorang buruk ditambah lagi dengan gizi yang kurang maka dapat membuat tubuh tidak mampu berfungsi dengan semestinya.

2. Kurang tidur

Tidur adalah keadaan dimana semua yang terdapat pada tubuh istirahat, dan beberapa lagi ada yang bekerja ketika tidur. Waktu tidur yang baik adalah 7 – 8 jam. Dengan tidur kurang dari itu maka dapat menyebabkan menurunnya kemampuan alami tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Sehingga bisa menyebabkan timbulnya penyakit dalam tubuh.

3. Tangan kotor

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sering sekali digunakan untuk menjali segala aktivitas. Selain itu tangan adalah perantara untuk bersentuhan dengan tubuh. Apabila tangan kotor maka dapat menyebarkan virus dan bakteri pada diri kita sendiri.

4. Kekurangan cairan tubuh

Kompisisi pada tubuh yaitu sebanyak 60% adalah air. Akan tetapi cairan tersebut bisa hilang melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat dan bahkan bernafas. Apabila cairan tersebut tidak diganti maka dapat menyebabkan timbulnya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya masalah pada tubuh seperti sakit kepala, haus, jarang membuang air kecil, kelelahan dan bibir menjadi kering.

5. Stress

Ketika Anda stress maka dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut karena pada saat Anda stress tubuh akan melepas hormon seperti neuro-endokrin, glukokotikoid dan katekolamin. Tak hanya itu stress juga berdampak buruk pada produksi antibody.

6. Senang memakan makanan berkolestrol tinggi

Memakan makanan yang berkolestrol tinggi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan tingginya kadar kolestrol dapat memperlambat proses makrofag atau sel pembunuh alami daam menghancurkan bakteri yang menular. Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda selektif dalam memilih makanan. Pilihlah makanan yang enak akan tetapi juga rendah kolestrol.

7. Paparan zat berbahaya

Banyak zat berbahaya seperti pestisida, insektisida, dan bahan pembersih kimia yang biasanya ditemukan di mana – mana. Baik di rumah, tempat kerja dan lain – lain. paparan zat berbahaya tersebut dapat menurunkan imunitas tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah ketika akan melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Melakukan Perawatan Tubuh Secara Alami

Melakukan Perawatan Tubuh Secara Alami

Banyak sekali masalah-masalah pada tubuh yang tidak dapat diuraikan satu per satu. Tubuh adalah bagian yang sangat komplit. Akan tetapi, pada dasarnya masalah – masalah pada tubuh akan timbul apa bila pola hidup yang kita lakukan tidaklah sehat. Jika Anda bijak dan tahu mana yang baik dan buruk untuk tubuh. Pastilah Anda tidak akan terserang masalah – masalah tubuh. 

Merawat tubuh secara alami bukanlah hal yang sulit. Anda tidak perlu pergi ke special, tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak dan juga tidak perlu meluangkan waktu yang lama. Merawat tubuh dapat Anda lakukan dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Berikut adalah cara merawat tubuh secara alami.

1. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh

Makanan adalah bagian yang penting untuk tubuh. Karena dengan makanan yang bernutrisi maka tubuh akan mendapatkan asupan yang seimbang untuk menjalani peranannya. Makanan yang baik adalah  makanan yang memiliki nutrisi. Berikut adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kebutuhan dasar
Protein, energi, lemak, air, karbohidrat dan serat
Vitamin
Vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, Folat, B12, Biotin dan Kolin
Mineral
Kalsium, Fosfor, Magnesium, Natrium, Kalium, Mangan, Tembaga, Kromium, Besi, Iodium. Seng, Selenium dan Flour.

2. Tidur yang cukup

Tubuh memerlukan istirahat setelah melakukan perannya. Biasakan untuk tidur 7 – 8 jam sehari. 

3. Stres

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa stress dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk itu jadilah diri yang cerdas dalam mengatur emosional termasuk dalam mengatur stress. Mengendalikan stress dapat dilakukan dengan mengambil nafas dalam – dalam, rileks dan keluarkan. Selain itu stress  juga dapat diatasi dengan melakukan hobi atau pergi ke suatu tempat yang indah. Jadi kenalilah diri Anda sendiri dan kendalikanlah emosional Anda.

4. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang penting untuk tubuh. Karena dengan olahraga setidaknya 30- 60 menit sehari dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko sakit.

5. Biasakan sarapan sebelum jam 9

Sarapan sangat penting bagi tubuh. Beberapa ahli mengatakan bahwa sarapan yang baik adalah sebelum pukul 9 pagi. Hal tersebut dikarenakan pada saat istirahat di malam hari yaitu sekitar 7 – 8 jam perut tetap memproses sehingga perut menjadi kosong. Jadi alangkah baiknya jika Anda secara rutin melakukan sarapan sebelum pukul 9.

6. Menjada kebersihan makanan

Semua makanan yang akan Anda makan harus terjamin kebersihannya. Seperti sayuran sebelum digunakan harus dicuci sampai bersih. Selain itu apabila memasak makanan harus sampai masak sempurna. Karena makanan yang kurang masak memiliki resiko mengandung bakteri yang membahayakan kesehatan tubuh.

7. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan instan

Makanan instan memiliki keunggulan yaitu Anda dapat menyantapnya dengan praktis. Akan tetapi dibalik itu juga memiliki sisi negative, seperti mie instan. Mie instan mengandung zat kimia seperti natrium polisfosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat lilin serta pewarna makanan. Anda tidak berarti tidak boleh mengkonsumsi makanan instan, tapi alangkah baiknya jika Anda tidak mengkonsumsinya terlalu sering. Maksimal 1 kali dalam seminggu.

8. Banyak mengkonsumsi air putih

Tubuh terdiri dari 60% air. Olah karena itu perbanyaklah minum air putih minimal 1.5 liter dalam sehari. Cara menjaga tubuh dengan menggunakan air putih tidak dapat digantikan dengan air yang lain. Air putih adalah air yang paling sehat untuk tubuh. Sebagian orang menganggap bahwa air putih hanya menghilangkan rasa haus. Padahal air putih memiliki banyak sekali manfaat yang lainnya, berikut adalah beberapa manfaat dari air putih.
  • Mengontrol kalori dalam tubuh
  • Meningkatkan energy
  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  • Menjaga fungsi ginjal tetap baik
  • Meningkatkan produktivitas dalam tubuh
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mengobati sakit kepala
  • Melancarakan sistem peredaran darah

9. Hindari kebiasaan begadang

Setelah melakukan banyak aktivitas di siang hari alangkah baiknya jika tidak melakukan begadang pada malam hari. Karena selain tubuh juga memerlukan istirahat, begadang juga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti masalah berat badan, kekebalan tubuh melemah, penyakit jantung, diabetes, darah tinggi, sakit kepala dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan karena begadang.

10. Mengontrol porsi makan

Mengkonsumsi makanan dengan porsi makan yang berlebih dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain itu jika makan dengan porsi yang berlebih dapat menyebabkan resiko gemuk yang tinggi.

11. Kurangin minum kopi

Bagi Anda penggemar kopi, alangkah baiknya jika Anda mengurangi mengkonsumsinya. Kopi mengandung kafein yang apabila dikonsumsi dalam kadar yang banayk dapat menimbulkan efek negetif bagi kesehatan tubuh. Tingginya kandungan kafein juga dapat memperlambat kinerja jantung.

12. Hindari mengkonsumsi minumin isotonik terlalu sering

Saat ini dapat sekali dijumpai minuman isotonik. Meskipun memiliki rasa enak akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsinya bukanlah hal yang baik. Karena isotonik mengandung banyak bahan kimia dan pengawet yang tidak baik untuk tubuh. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi jus atau air kelapa. Air kelapa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, karena air kelapa dapat menggantikan ion – ion tubuh yang hilang karena aktivitas sehari – hari.

13. Biasakan pola tidur lebih awal dan bangun lebih pagi

Bangun lebih baik sangat baik untuk kesehatan. Karena ketika bangun Anda akan menghirup udara yang segar tanpa tercemar apapun. Oksigen yang bersih juga akan mempengaruhi otak sehingga pikiran dapat menjadi tenang dan dapat mengeluarkan ide – ide yang cemerlang.

14. Hindari tidur pada waktu – waktu tertentu

Tidur memang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi ada beberapa waktu yang tidak diperbolehkan untuk tidur. Waktu yang dilarang untuk tidur yaitu pagi hari setelah pukul 06.00 dan sore hari setelah pukul 15.00. Tidur di pagi hari seteleh pukul 06.00 dapat menyebabkan pusing dan gangguan kesehatan lainnya. Sedangkan jika tidur setelah pukul 15.00 dapat menyebabkan seseorang mudah lupa dan melemahkan kecerdasan otak. 

Oleh karena itu jika Anda ingin tidur siang lebih baik tidur diantara pukul 12.00 sampai 13.00. Tidur diantara jam tersebut menyehatkan tubuh karena memberikan kesempatan pada tubuh untuk beristirahat.

15. Melakukan puasa

Puasa terbukti dapat menyehatkan tubuh. Karena dengan erpuasa organ alat pencernaan akan beristirahat. Karena istirahat tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh tetapi juga alat pencernaan. Selain itu dengan berpuasa dapat mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Di medis hal itu disebut dengan detoksifikasi. Berpuasa sangat dianjurkan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Demikianlah perawatan tubuh alami yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Anda hanya perlu disiplin dalam melakukannya. Dan yang terpenting pula Anda harus cerdas untuk menentukan mana yang baik dan tidak baik bagi tubuh Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel