Tips Sarapan Sehat yang Benar dan Membuat Sehat Setiap Saat

Sebagian besar orang kemungkinan berpikir bahwa melewatkan sarapan pagi akan mampu membantu dalam proses penurunan berat badan. Ada pula yang menganggap bahwa sarapan pagi dapat memberikan efek mengantuk di pagi hari sehingga mereka memilih untuk menghindarinya. Hal tersebut bertujuan agar aktivitas paginya tidak terganggu. Sementara, anggapan-anggapan tersebut belum tentu 100% benar dan bergantung pada pola makan serta pilihan menu sarapan pagi yang dikonsumsi.

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Tips Sarapan Sehat yang Benar dan Membuat Sehat Setiap Saat

Penelitian-penelitian terdahulu telah banyak menyimpulkan manfaat sarapan yang besar bagi tubuh. Dua dari banyak penelitian tersebut yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association, menyimpulkan begitu pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan. 

Penelitian yang dilakukan pertama memberikan kesimpulan bahwa konsumsi sarapan pagi yang tidak rutin pleh seseorang setiap harinya dapat menimbulkan peluang kelebihan berat badan. Angka kelebihan tersebut mencapai 13% lebih tinggi daripada orang yang rutin sarapan pagi setiap harinya. 

Penelitian kedua telah dilakukan kepada 4.200 orang dewasa dan didapatkan pula kesimpulan bahwa seseorang yang sarapan pagi setiap hari cenderung rutin berolahraga dan mengurangi asupan kalori sepanjang harinya. Menu sarapan pagi yang dikonsumsi pada penelitian ini adalah sereal.

Kegiatan memilih menu sarapan pagi adalah hal yang sangat penting dilakukan karena dapat membantu dalam mencegah keinginan makan yang berlebihan pada makan berikutnya. Sarapan pagi juga mampu merangsang proses metabolisme tubuh lebih awal. 

Tubuh sama dengan berpuasa selama 15-20 jam ketika melewatkan sarapan pagi, sehingga produksi enzim untuk proses metabolisme lemak menjadi terhambat. Akibat yang ditimbulkan dari keadaan tersebut yaitu lemak dalam tubuh akan menumpuk sehingga berat badan akan sulit turun.

Sarapan pagi sama halnya sebagai bahan bakar utama bagi tubuh. Orang dewasa yang setiap harinya melaksanakan sarapan sehat akan memperoleh asupan vitamin dan mineral secara optimal. Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan berat badan dan gula darah yang terkontrol serta memiliki kualitas kerja yang lebih baik. 

Manfaat sarapan pagi tidak hanya untuk orang dewasa, bagi anak-anak sarapan pagi dapat mendukung proses pertumbuhan tubuh dan otak serta membantu meningkatkan daya konsentrasi dalam belajar.

Mitos dan Fakta Seputar Sarapan Pagi

Mitos dan Fakta Seputar Sarapan Pagi

Sarapan pagi dapat menurunkan berat badan seseorang adalah mitos. Faktanya, dengan rutin sarapan pagi setiap harinya terbukti membantu memperlancar metabolisme tubuh. Namun, bukan berarti hanya dengan sarapan pagi setiap hari berat badan akan otomatis menurun dengan sendirinya. Tingkat keteraturan yang tinggi dari sistem metabolisme dalam tubuh timbul karena rutinnya sarapan pagi dan akan membantu penurunan berat badan jika diimbangi dengan olahraga yang cukup serta pola makan yang sehat.

Makanan yang disajikan sebagai menu sarapan di pagi hari merupakan asupan nutrisi utama untuk aktivitas seharian sehingga tidak perlu makan siang dan malam adalah mitos. Faktanya, kalimat yang menyebutkan bahwa sarapan pagi adalah sumber nutrisi utama untuk aktivitas tubuh seharian itu memang benar. 

Tapi, bukan berarti kegiatan tersebut dapat menggantikan peran makan siang dan makan malam. Sebaik-baiknya nutrisi makanan yang dijadikan menu sarapan di pagi hari, tetap saja di waktu siang dan malam tubuh harus memperoleh asupan nutrisi baru. Tentu saja, tidak sebanyak yang dibutuhkan saat makan di pagi hari. Tubuh manusia butuh waktu kurang lebih 8 jam untuk dapat mencerna makanan. Oleh karena itu, setelah melalui 8 jam tersebut, maka tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi kembali.

Jelas bahwa mitos adanya jika ada yang mengatakan pembakaran kalori yang ada dalam tubuh tidak dapat meningkat apabila sarapan pagi dilakukan oleh seseorang sebelum beraktivitas. Faktanya, Seseorang yang sarapan pagi mungkin akan lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan kesehariannya, sehingga peningkatan pembakaran kalori ikut tercapai. 

Sedangkan, keadaan dengan sadar dari seseorang untuk melewatkan sarapan, dapat berdampak pada malasnya beraktivitas serta kurang kurang bersemangat. Ujung-ujungnya pembakaran kalori untuk mrnghasilkan tenaga yang terjadi dalam tubuh tidak terlalu banyak. Terlebih lagi apalagi dalam keadaan perut belum terisi apa-apa, metabolisme tubuh akan berjalan lebih melambat dari biasanya sehingga pembakaran kalori menurun.

Pernyataan yang umumnya diungkapkan oleh banyak orang bahwa sarapan akan membuat seseorang mengantuk merupakan suatu mitos. Apa yang dikatakan oleh sebagian besar orang tersebut juga ada benarnya. Fakta yang terjadi selama ini adalah tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi pada waktu sarapan. 

Jika konsumsi makan pagi yang disantap saat sarapan terlampau banyak, maka efek yang ditimbulkan adalah terlalu kenyang. Keadaan kekenyangan tersebut menyebabkan tubuh akan lebih malas bergerak dan  akan merasa lebih mudah mengantuk. Oleh karena itu, seseorang yang akan memulai aktivitas dengan didahului sarapan harus pandai memilih menu yang tepat.

Mitos jika dikatakan bahwa sarapan akan mampu dalam meningkatkan daya konsentrasi otak saat belajar maupun bekerja. Yang menjadi fakta adalah sarapan tidak akan secara langsung menimbulkan peningkatan pada fungsi otak. Akan tetapi, fokus dalam berpikir dan beraktivitas akan mudah didapatkan jika rasa lapar saat pagi hari berkurang. 

Aneka nutrisi, seperti asupan asam folat, vitamin E, omega-3, kolin, dan aneka nutrisi otak lainnya tentu saja sangat membantu untuk kerja otak dan bukan hanya saat sarapan. Aneka makanan yang bagus untuk dikonsumsi sangat bermanfaat untuk fungsi otak yang lebih baik, baik dikonsumsi saat makan siang maupun malam juga. Jika bosan dengan menu makanan yang berat, dapat pula dikonsumsi dalam bentuk camilan.

Menu Sarapan Pagi yang Dianjurkan

Menu Sarapan Pagi yang Dianjurkan

Gandum utuh adalah contoh menu sarapan sehat yang baik bagi tubuh. Menu makanan lain yang juga sehat bagi tubuh adalah yang memiliki kandungan protein yang tinggi, produk susu rendah lemak, serta buah dan sayur. Namun, perlu dipastikan penggunaan bahan-bahan tambahan yang jumlah kalorinya cukup dan tidak berlebihan. 

Makanan yang berprotein tinggi dicontohkan seperti telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Jika ingin konsumsi susu diinginkan juga saat sarapan pagi, sebagai catatan perlu dipilih produk susu yang rendah lemak, yoghurt, atau keju yang juga rendah lemak.

Adanya kombinasi sarapan sehat dengan sayur dan buah sangat dianjurkan. Sayur dan buah tersebut sebaiknya dikonsumsi secara langsung saat sarapan. Sajian lain untuk hasil olahan buah dan sayur dapat berupa jus buah atau smoothies. 

Penggunaan gula secara berlebihan dalam pembuatan jus sebaiknya dihindari dan digunakan susu yang memiliki kadar lemak yang rendah untuk menyajikan smoothies saat sarapan. Langkah lain yang dapat diambil selain itu adalah kombinasi beberapa makanan atau minuman tersebut satu sama lain. Hanya dengan mencampurkan smoothies dengan kacang-kacangan, granola, maupun chia seed maka menu sarapan sehat akan terjadi dengan mudahnya. 

Buah kering untuk membuat healthy smoothie bowl juga pilihan yang tepat untuk diambil karena saat ini sangat populer. Granola, sereal, atau muesli yang ditaburi dengan potongan buah dalam segelas susu bias diaplikasikan dalam menu sarapan sehari-hari yang akan selalu dirindukan setiap harinya. 

Kegiatan meminum kopi di pagi hari merupakan hal yang diperbolehkan saat sarapan pagi. Namun, untuk mencegah risiko iritasi lambung, sebaiknya kopi hangat diminum setelah sarapan usai.

Sebagai orang yang paham akan pengetahuan, menghindari makanan instan saat sarapan pagi adalah penting karena dapat mengganggu program hidup sehat yang diidam-idamkan. Bagaimana tidak, kandungan gula atau garam pada makan siap saji sangat tinggi sehingga dapat mengganggu proses pencernaan. 

Di sisi lain, makanan instan secara umum kandungan serat di dalamnya sangat sedikit dan banyak mengandung pengawet makanan, serta bahan tambahan pangan lain yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. BTP yang dimaksud seperti pewarna, penguat aroma, atau penyedap rasa.

Porsi makan saat sarapan juga harus cukup, karena porsi makan yang berlebihan saat sarapan pagi akan membuat tubuh malas bergerak. Hal yang yak diinginkan akan terjadi, seperti potensi kenaikan berat badan. Jangan dibiarkan niat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan sarapan pagi dapat berubah menjadi kebiasaan kurang sehat dengan mengonsumsi makanan instan saat makan pagi.

Memulai Hari Tanpa Sarapan? Jangan Dibiarkan!

Kegiatan makan di pagi hari dapat membentuk kesiapan diri menghadapi tumpukan aktivitas sehari-hari. Namun sebelumnya, harus bias dipastikan isi perut makanan yang sehat. Konsumsi makanan sehat saat sarapan pagi dapat memberikan dampak positif lainnya bagi kesehatan, seperti meningkatkan konsentrasi dan kinerja, mengontrol berat badan, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol selain hanya membuat tubuh berenergi.

Lalu, asupan yang seperti apa yang harus ada dalam menu sarapan sehat? Anggapan masing-masing orang mengenai hal ini mungkin berbeda. Akan ada yang menganggap bahwa asupan yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan berkarbohidrat, contohnya adalah roti tawar putih satau sereal batangan yang rendah serat. 

Ternyata selama ini anggapan itu adalah salah adanya. Makanan yang telah disebutkan itu merupakan karbohidrat olahan yang notabene tidak baik bagi kesehatan. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh sehingga gula darah meningkat. 

Sumber karbohidrat yang benar dikonsumsi saat sarapan yaitu makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti nasi merah dan roti gandum utuh. Selain itu, juga bias karbohidrat yang terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Seseorang perlu menghiasi pula piringnya dengan makanan yang mengandung protein, selain makanan yang mengandung karbohidrat. Asupan makanan dengan kandungan protein bisa mencegah rasa lapar hingga jam makan siang tiba dan juga menjaga stamina sepanjang pagi hari.

Berikut adalah 7 menu sarapan sehat yang patut diketahui dan dicoba sebagai menu sarapan yang baik dan benar, diantaranya adalah:
  1. Potongan buah segar dicampur yoghurt rendah lemak.
  2. Kacang-kacangan dan buah-buahan yang disajikan dalam segelas campuran oatmeal susu rendah lemak.
  3. Selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh yang dipanggang, buah-buahan, dan susu coklat.
  4. Satu buah pisang dan satu butir telur rebus.
  5. Omelet telur yang dicampur sayuran dan roti gandum utuh melalui proses dipanggang.
  6. Sereal biji-bijian utuh dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan.
  7. Yogurt rendah lemak dicampur buah-buahan.
Menyempatkan waktu untuk menyiapkan dan mengonsumsi sarapan mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sulit. Terlebih jika pagi hari bagi beberapa orang tersebut dikenal sebagai jamnya orang yang terburu-buru untuk berangkat kerja. 

Namun, membuat jadwal khusus untuk sarapan seperti bangun lebih pagi sebelum sarapan adalah hal yang tepat untuk mengatasi terlaluinya sarapan pagi. Sarapan pagi sambil menonton televise harus dihindari, terutama jika keadaannya sedang terburu-buru. 

Hal itu mungkin bisa mengalihkan perhatian. Konsumsi menu sarapan sehat adalah bagian dari gaya hidup sehat yang harus dipertahankan. 

0 Response to "Tips Sarapan Sehat yang Benar dan Membuat Sehat Setiap Saat"

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda Dengan Bijak,TKS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel