Tips Melakukan Program Menaikkan Berat Badan

Program menambah berat badan bagi kalangan pria kemungkinan dapat dilakukan dengan proses yang cukup mudah. Namun lain halnya dengan wanita, selama ini para wanita cenderung merasa taku jika berat badannya naik. 

Tak jarang seorang wanita menjadi stres melihat angka timbangan naik sedikit saja. Wanita selalu merasa kurang percaya diri jika memiliki bentuk tubuh yang kurus, sehingga mereka sering mencari cara menambah berat badan. Program menaikkan berat badan sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang. Mereka dapat memilih cara menaikkan berat badan secara instan dengan suplemen herbal maupun secara alami.
Tips Melakukan Program Menaikkan Berat Badan


Program menaikkan berat badan tidak boleh serta merta secara instan yang ekstrim dapat membahayakan tubuh. Program menaikkan berat badan harus dilakukan secara benar dan sehat. Cara menaikkan berat badan secara sehat dapat dilakukan dengan berbagai proses dan rencana yang baik. 
Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat

Pada umumnya, program diet dan pola makan yang ada selalu berfokus pada penurunan berat badan. Hal ini tentu tidak mengherankan karena ada beberapa orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Ada pula orang yang ingin menggemukkan badan karena berat badannya kurang. 

Kurangnya berat badan dapat disebabkan oleh faktor genetik, penyakit, obat, maupun psikologi. Apapun penyebab turunnya berat badan, pasti ada cara untuk menaikkan berat badan tersebut secara aman dan tepat.  Marilah kita kupas cara aman menaikkan berat badan jika berlebih. 

Bisa dibaca bahwa menaikkan berat badan pada artikel ini akan dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya yaitu:

1. Rencana menaikkan berat badan yang sehat

Konsultasi dengan dokter adalah cara yang tepat jika ingin berat badan naik dengan sehat. Dokter akan mampu menyarankan berapa kira-kira berat badan yang tepat untuk tubuh kita. Selain itu, dokter juga bisa memberikan rekomendari kepada kita mengenai ahli gizi yang dapat membantu kita dalam menjalankan program.  

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengutarakan alas an mengapa ingin menaikkan berat badan. Selain itu juga bisa mengunjungi laman Persatuan Ahli Gizi Indonesia untuk menggali informasi mengenai program menaikkan berat badan. 

Salah satu cara untuk mengetahui berapa berat badan ideal yang harus ditambahkan adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Selain itu, bisa juga dilakukan cara dengan menghitung persentase lemak tubuh atau meminta dokter atau tenaga medis lain yang bersangkutan. Berat badan yang wajar yang harus ditambahkan dapat ditanyakan juga kepada dokter agar aman dan tepat karena harus disesuaikan dengan gender, usia, dan tinggi badan. Menaikkan berat badan harus difokuskan pada penambahan massa otot, bukan lemak tubuh. 

Menaikkan berat badan yang bagus adalah dengan konsumsi makanan yang sehat, bukan makanan ringan di pinggir jalan apalagi es krim atau donat. Jadi pastikan bahwa berat badan naik bukan karena makanan ringan atau camilan saja, melainkan makanan yang sehat seperti buah dan sayur. 

Berat badan yang naik dengan aman adalah ¼ kg – ½ kg per minggu atau setara dengan tambahan konsumsi 500 kalori setiap harinya. Kalori yang dibakar saat berolahraga juga harus dihitung. Penambahan kalori dalam tubuh harus selalu dikontrol agar tepat sasaran dan tidak berlebihan. Kita bisa membeli buku yang menyajikan cara menaikkan berat badan dengan aman dan sehat lalu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum memulai untuk melakukan program penggemukan berat badan, harus dilacak pola makan sehari-hari sebelumnya, jika masih kurang mendukung, harus disesuaikan. 

2. Makanan sehat untuk menambah berat badan
Makanan sehat untuk menambah berat badan


Jika ingin memiliki berat badan yang naik maka makanlah makanan berat dan camilan sehat. Bila perlu, untuk menaikkan berat badan, makanlah makanan berat 3-4 kali dalam sehari serta tambahkan camilan sehat 1-2 kali sehari. Makan makanan berat dan camilan selama program tidak perlu dalam jumlah yang besar, namun dengan frekuensi yang sering. Ukuran kecil saja sudah cukup, seperti makan roti dengan selai kacang namun rutin. 

Rencana makan rutin 3-4 kali dalam sehari dan 1-2 kali makan camilan harus direncanakan dengan baik, misalnya setelah bangun tidur harus makan sekali, setelah itu menjelang siang makan lagi, setelah siang makan lagi, lalu malam makan lagi dan seterusnya. 

Dalam menjalankan program penggemukan harus makan makanan yang padat kalori. Makanan yang padat kalori adalah makanan dengan kandungan kalori yang tinggi. Setiap kali makan dan nyemil harus yang berkalori tinggi. Makanan padat kalori tersebut seperti selai kacang, produk susu tinggi lemak, alpukat, telur, dan masih banyak yang lainnya. Makanan yang tinggi lemak tidak semuanya sehat, harus dikontrol juga makannya. Kalori ekstra harus selalu ditambahkan pada resep hidangan. Semakin banyak kalori ekstra yang ditambahkan pada resep, maka semakin banyak pula kalori yang didapatkan oleh tubuh. 

Topping pada makanan dengan kalori yang tinggi juga bisa ditambahkan agar asupa kalori dalam tubuh meningkat. Topping dengan kalori tinggi adalah seperti kacang-kacangan dan granola. Selain makanan, jika perlu minuman yang diminum sehari-hari haruslah yang memiliki kadar kalori tinggi. Cairan tidak membuat perut cepat kenyang sehingga akan lebih banyak dikonsumsi. 

Pengganti makanan adalah minuman yang mengandung gizi dan kalori tinggi untuk membantu melancarkan program penggemukan. Makan makanan favorit tentu hal yang sangat menyenangkan. Tanpa sadar, hal tersebut dapat membantu kita meraih kenaikan berat badan yang kita inginkan.

3. Olahraga dengan tujuan menambah berat badan

Olahraga yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan diantaranya yaitu melakukan latihan aerobik regular. Aerobik regular adalah aktivitas yang sehat serta bermanfaat untuk gaya hidup kita.  Selain itu, latihan kardiovaskular dapat juga membantu memperkuat jantung dan memberi stamina sepanjang hari. Usahakan untuk selalu memonitor berapa kalori yang terbakar selama melakukan olahraga tersebut. 

Untuk memonitor pembakaran kalori dan kenaikan berat badan dapat dilakukan pula konsultasi dengan pelatih pribadi. Pelatih peribadi dapat memberikan saran jadwal olahraga yang tepat dan spesifik untuk menaikkan berat badan.

4. Selalu memonitor  kemajuan

Jika ingin mengetahui kenaikan berat badan secara rutin, apakah signifikan atau tidak, lakukanlah penimbangan berat badan setiap minggunya karena sangat penting sifatnya. Berat badan harus selalu dicatat agar kita dapat mengetahui angka kenaikannya. Catatan tersebut sebagai evaluasi untuk mengambil keputusan apa yang bisa diambil selanjutnya. Kita timbang berat badan kita pada jam yang sama, dengan pakaian yang sama setiap minggunya. 

Ini akan mudah dalam membantu ketidakakuratan yang mungkin terjadi. Evaluasi hendaknya dilakukan setiap bulan. Setiap bulan kita harus memeriksakan berat badan dan jurnal makanan kita. Kita lanjutkan dengan menilai kemajuan yang telah kita lakukan, apakah sudah tercapai target yang kita inginkan atau belum. 

Jika sudah dicapai keberhasilan kenaikan berat badan dengan stabil, kemungkinan berat badan tujuan kita akan segera kita raih. Atau jika berat tujuan sudah didapatkan, tetaplah dipantau seberapa baik kadar kalori saat ini dalam membantu mempertahankan berat badan. Jika kenaikan berhenti, itulah waktu yang tepat untuk mengevaluasi ulang pola makan dan gaya hidup kita. Kalori total harus dihitung lagi dan jurnal makanan juga perlu dilihat lagi. 

Jika pola makan sudah konsisten, berarti yang perlu dilakukan adalah peningkatan kalori. Perubahan yang diperlukan harus dibuat kemudian dicek kembali bulan berikutnya untuk menilai lagi kemajuan kita. 

Situasi dan tujuan kita perlu dibicarakan kepada keluarga kita dan teman-teman kita. Kita harus memberitahukan apa yang kita upayakan untuk menaikkan berat badan, alas an mengapa perlu melakukan itu, dan cara mereka dalam mendukung kita untuk selalu mematuhi rencana yang telah kita susun.

Tips Melakukan Program Menaikkan Berat Badan

Tips Melakukan Program Menaikkan Berat Badan

  1. Selalu libatkan peran keluarga dan teman-teman terdekat untuk menyemangati kita.
  2. Kemajuan atas apa yang kita lakukan harus dicatat setiap hari dan buka kembali untuk membangkitkan semangat menjalankan program.
  3. Buang jauh-jauh rasa kecewa yang mungkin ada jika program yang kita lalukan gagal. Kenaikan berat badan yang aman dan sehat dapat tercapai dengan baik jika berjalan secara bertahap. 

Hal Penting yang harus di perhatikan

  1. Selalu lakukan konsultasi dengan dokter berusaha menambah berat badan. 
  2. angkah menambah berat badan dalam sebulan
Berikut ini adalah lima langkah yang tepat dan telah dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk menambah berat badan bagi seorang wanita secara sehat hanya dalam waktu satu bulan.

Langkah pertama:

Jika ingin memulai menambah berat badan atau dalam tahap program penggemukan badan, maka yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui dan mempelajari kebiasaan makan. Jika awalnya makan hanya dengan porsi sedang, usahakan menaikkan porsi makan agar berat badan naik. 

berat badan dapat bertambah dalam waktu satu bulan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi tambahan kalori sebanyak 500-750 dari jumlah kalori harian. Sumber makannya dapat berupa alpukat, beras merah, roti gandum, dan masih banyak makanan lainnya. Jika perlu gunakan aplikasi pengontrol kalori untuk mengontrol jumlah kalori tubuh kita dan agar kalorinya tidak berlebihan. 

Langkah kedua:

Porsi makan dinaikkan. Jika porsi makan harian lebih banyak, maka dengan otomatis berat badan akan bertambah. Tentu saja pola makan harus teratur dan rutin. 

Langkah ketiga:

Kebiasaan olahraga kita harus kita ubah. Jika biasanya melakukan olahraga kardiovaskular, maka cobalah memulai ganti olahraga tersebut dengan latihan pembentukan otot-otot tubuh. Yang perlu dilakukan adalah focus latihan otot pada lengan, kaki, punggung dan pinggul. Latih masing-masing bagian tubuh tersebut dalam seminggu.  

Langkah keempat:

makanlah yang manis-manis karena kalorinya cukup tinggi. Makanan manis dapat menaikkan berat badan secara signifikan dengan tetap memperhatikan apa yang dimakan. Kue yang dipilih haruslah yang kandungan gulanya rendah meskipun kandungan lemak dan susunya tinggi dan makannya dua kali seminggu saja, tidak lebih. 
Langkah kelima:

awasi selalu perkembangan berat badan kita. Perkembangan tersebut dapat dicek dengan selalu menimbangnya. Setiap seminggu seklai usahakan kita memiliki data berat badan kita sehingga kita tahu kenaikannya. Penimbangan berat badan juga dapat disertai dengan cek tekanan darah untuk memastikan tingkat kolesterol tetap terjaga. Selalu konsultasikan dengan dokter bila perlu.

0 Response to "Tips Melakukan Program Menaikkan Berat Badan"

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda Dengan Bijak,TKS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel