20 Program Diet Setelah Melahirkan

Memiliki berat badan yang pas atau ideal merupakan impian setiap wanita. Banyak sekali masalah yang dialami oleh setiap wanita di dunia ini terutama masalah berat bada utamanya pada ibu hamil yang baru saja melahirkan. Mereka bisa sampai mengalami stress karena memikirkan berat badan yang tak kunjung kembali seperti sebelum mengandung. 

Namun, mereka juga masih harus dipusingkan dengan program diet setelah melahirkan yang harus mereka pilih. Hal ini dikarenakan diet yang tidak tepat pada ibu yang masih aktif menyusui bayinya akan memengaruhi ASI atau air susu ibu yang dihasilkan. Tentu jika ASI bermasalah, bayi Anda yang paling akan merasakan dampaknya.

20 Program Diet Setelah Melahirkan


Dilain sisi, jika Anda yang baru saja melahirkan tidak segera melakukan program diet setelah melahirkan malah ditakutkan kelebihan berat badan tersebut akan permanen dan sangat sulit untuk dihancurkan. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi tentu dibarengi juga dengan banyaknya penemuan program diet setelah melahirkan yang pastinya tidak menyiksa ibu menyusui dan juga bayinya. Berikut beberapa ulasan menarik mengenai program diet setelah melahirkan. 

Pertama mari kita bahas mengenai cara prgram diet setelah melahirkan yang benar dan tidak membahayakan ibu menyusui dan bayinya.

1. Melatih Otot Perut

Banyak jenis olahraga untuk melatih otot perut yang dapat Anda praktekan di rumah. Diantaranya yaitu Anda hanya perlu memulai dengan posisi duduk, berdiri, ataupun dengan berbaring. Gaya posisi tersebut nantinya akan otot perut mengalami kontraksi dan lemak yang mengendap mulai luruh. 

2. Perbanyak Untuk Meminum Air Mineral

Banyaknya khasiat air putih sudah diketahui oleh banyak orang. Dengan meminum banyak air mineral akan membuat organ dalam tubuh Anda menjadi bersih dan juga untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada ibu menyusui. Selain untuk menghindari dehidrasi, konsumsi air mineral yang banyak juga dapat membuat berat badan tubuh Anda semakin menyusut.

3. Pilihlah Untuk Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran Yang Memiliki Serat Tinggi

Selain sehat, mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki serat tinggi dapat digunakan untuk memelihara stamina ibu menyusui pasca melahirkan. Biasanya setelah melahirkan jika ada bagian perut yang buncit, hal itu dapat dikatakan ada timbunan lemak dalam perut Anda. Sehingga konsumsi buah dan sayuran tinggi serat akan sangat baik untuk program dietsetelah melahirkan.

4. Hindari Penggunaan Jamu Atau Jenis Ramuan Herbal

Benar jika jamu ataupun ramuan herbal akan baik untuk program diet Anda, namun sekali lagi jika Anda masih menyusui akan sangat berpengaruh pada bayi Anda karena kualitas ASI yang Anda hasilkan tentunya akan berubah dan dapat menghambat pertumbuhan dan kesehatan bayi Anda.

5. Hindari Tidur Setelah Anda Makan

Penyebab dari adanya perut buncit yaitu kebiasaan Anda tidur tepa setelah Anda makan. Tentu program diet setelah melahirkan Anda akan gagal. Dan juga hal ini tidak sehat untuk kondisi tubuh Anda. Ini dikarenakan semua makanann yang masuk harusnya dicerna lansung oleh tubuh, namun dengan Anda tidur hal tersebut akan terhenti.

6. Lakukan Aktifitas Seperti Biasanya

Cara program diet setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan Anda tetap melakukan aktifitas seperti biasanya. Setelah Anda merasa kembali pulih seperti semula Anda mulailah melakukan kegiatan yang biasa Anda lakukan sebelum mengalami masa kehamilan. Seperti bersih-bersih rumah, mencucu baju dan piring. Jangan sampai karena baru saja melahirkan menjadikan alasan Anda untuk bermalas-malasan dan miniman melakukan gerakan. Bukannya kembali ke bentuk badan malah Anda bisa memiliki banyak tumpukan lemak dan perut Anda akan buncit.

7. Rutin Melakukan Gerakan Pelvic Tits
Rutin Melakukan Gerakan Pelvic Tits


Untuk melakukan gerakan pelvic tits sebaiknya Anda sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika mendapatkan rekom dari dokter Anda dapat melakukan gerakan ini. Gerakan pelvic tits ini sangat sederhana sekali. Anda hanya perlu membaringkan tubuh Anda di lantai secara terlentang. Kemudian hadapkan telapak tangan Anda menghadap kebawah dengan tegak lurus diposisikan disamping tubuh Anda. Selanjutnya tekuk kakidan angkat pantat Anda agar dapat sejajar dengan lutut. Tahanlah posisi seperti ini kurang lebih sekitar 10 detk saja. Ulangi langkah - langkah tersebut itu tadi sampai beberapa kali sampai Anda merasa cukup. Jangan sampai terlalu dipaksakan. Dengan melakukan latihan rutin gerakan pelvic tits ampuh untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

8. Rutin Meminum Rebusan Dari Kayu Manis

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kayu manis memiliki khasiat yang ampuh dan cepat untuk mengatasi masalah lemak yang biasanya mengendap didalam perut. Meminum rebusan kayu manis dapat menjadi solusi alternatif diet Anda. Untuk membuat rebusan inipun sangat mudah. Anda hanya perlu merebus kayu manis kurang lebih selama lima sampai dengan sepuluh menit. Kemudian minumlah air rebusan tersebut selagi masih hangat. Anda juga dapat menambahkan madu untuk menambah cita rasa rebusan kayu manis.

9. Perbanyak Konsumsi Sayur Dan Sup

Beberapa sayuran yang disarankan untuk program diet setelah melahirkan diantarnya brokoli, kubis, kale, dan juga bunga kol. Kemudian untuk jenis sop yang disarankan untuk program diet  ini adalah sup yang memiliki kandungan kaldu. Dengan mengkonsumsi sup sayur yang termasuk jenis makanan nabati ini akan membantu Anda untuk mengurangi lemak yang ada di perut Anda. Lakukan secara rutin agar Anda sukses menghancurkan lemak di tubuh Anda. 

10. Selalu Menggunakan Korset

Pada ibu yang baru saja melahirkan sangat disarankan untuk selalu menggunakan korset. Korset ini semacam kain yang dililitkan disekitaran perut. Bahkan saat ini sudah banyak jenis korset instan yang memudahkan Anda. Penggunaan korset ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada perut dan juga untuk mendorong otot dan jaringan yang ada di perut untuk kembali seperti semula.

11. Atur Pola Diet Seimbang Anda

Setelah melahirkan Anda pasti ingin mengembalikan bentuk tubuh Anda dan yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan diet. Namun, demi untuk tetap menjaga kualitas ASI untuk bayi Anda maka diet yang akan Anda lakukan harus berbeda. Diet harus seimbang. Diet seimbang ini bisa Anda lakukan dengan menghindari makanan cepat saja dan memperbanyak konsumsi empat sehat lima sempurna. Selain dengan menghindari makanan cepat saji, Anda juga harus mengurangi untuk konsumsi natrium yang terkandung dalam garam karena konsumsi garam yang berlebihan akan membuat perut Anda bengkak dan kembung.

12. Lakukan Senam Kegel

Selain melakukan senam selama masa kehamilan, setelah melahirkan Anda juga tetap bisa melakukan gerakan senam yang tentunya berbeda dengan senam saat hamil. Senam ini disebut senam kegel yang bermanfaat untuk mengencangkan otot panggul bawah. Selain itu juga senam ini bermanfaat untuk mengencangkan beberapa bagian dari otot di bawah rahim Anda, kantong kemih, dan juga di usus besar. Program diet setelah melahirkan sangat mudah dan murah karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan juga tidak perlu menyewa instruktur senam.

13. Berlatih Untuk Postur Tubuh Yang Baik

Latihan ini disarankan oleh beberapa ahli dibidangnya, salah satunya dari bidang kebugaran. Para ahli akan menyarankan Anda untuk duduk dengan posisi yang tegak. Dengan posisi tegak dimaksudkan agar dapat membantu merampingkan bagian perut Anda. Latihan ini disarankan bagi ibu yang melahirkan dengan operasi. Namun, sebelum melakukan olahraga ini Anda dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

14. Konsumsi Teh Hijau atau Greentea Tawar atau Tanpa Gula

Green tea atau teh hijau dapat dimanfaatkan sebagai alternatif program diet setelah melahirkan. Pada teh hijau terdapat kandungan yang baik untuk menuurnkan berat badan Anda. Untuk hasil terbaik Anda dapat mengkonsumsi teh hijau dengan air hangan tanpa ditambahi gula dan dikonsumsi secara teratur sebelum Anda makan. Selain itu para ahli juga mendapatkan hasil penelitian jika teh hijau mengandung metabolisme lemak yang mana dapat mengahncurkan lemak dalam tubuh dan juga perut Anda.

15. Selektif Dalam Memilih Camilan
Selektif Dalam Memilih Camilan


Jika Anda suka nyamil alangkah lebih baiknya jika Anda mulai saat ini selektif dalam memilih camilan. Hindarilah camilan yang banyak mengandung gula dan lemak dan gantilah camilan dengan buah segar, sereal yang tidak menggunakan pemanis dan hindari camilan yang mengandung soda, permen manis, dan juga keripik yang memiliki kalori tinggi tapi tidak memiliki nutrisi yang cukup.

16. Memiliki Porsi Tidur Yang Cukup

Milikilah waktu tidur paling tidak 7 jam dalam sehari. Jika Anda tidak memiliki tidak yang cukup dan teratur Anda malah dapat menaikan berat badan bukannya menurunkan berat badan. Terdapat penelitian yang menunjukan jika ibu yang baru saja melahirkan dan memiliki tidur hanya 5 jam memiliki resiko kenaikan berat badan lebih tinggi. Tentukan jam tidur Anda agar Anda juga dapat mengantur jam tidur Anda untuk dapat mengembalikan bentuk tubuh Anda.

17. Tetap Menyusui

Tidak banyak diketahui orang jika menyususi bayi malah akan memberikan dampak positifterutama pada bayi dan juga Anda sebagai ibu bayi yang menyusui. Percaya atau tidak menyusui merupakan salah satu cara program diet setelah melahirkan yang bisa dikatakan murah atau low budget karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tapi Anda dapat langsing.

18. Urus Bayi Anda Sendiri

Dengan mengikuti tingkah bayi Anda yang semakin hari semakin lincah akan membuat Anda mau tidak mau harus mengikuti kemanapun dia pergi. Secara tidak langsung Anda akan melakukan banyak gerakan yang sekaligu dapat dikatan sebagai prgram diet setelah melahirkan karena dengan semakin banyaknya Anda bergerak makan akan semakin banyak juga kalori yang tertimbun untuk dibakar. 

19. Nain Turun Tangga

Melakukan kegiatan ini tidak perlu rumah Anda harus berlantai dua. Jika Anda tidak memiliki tangga untuk dibuat sebagai sarana bergerak, Anda dapat memanfaatkan kursi pendek yang Anda miliki di rumah. Naik turun tangga ini berfungsi untuk melatih otot paha,kaki, dan perut Anda agar kembali kencang lagi seperti sedia kala. 

20. Lakukan Push Up Di Dalam Kamar

Sambil menunggui anak Anda yang sedang terlelap, Anda dapat melakukan push up di dalam kamar bayi Anda tanpa harus meninggalkannya. Dengan rutin melakukan olahraga ini Anda akan melatih oto perut Anda agar kembali kencang kembali.

Itulah tadi beberapa bahasan menarik mengenai program diet setelah melahirkan. Semoga Anda yang saat ini baru saja melahirkan anak dapat segera pulih, anak selalu dalam keadaan sehat, dan ketersedian ASI untuk bayi Anda selalu terpenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "20 Program Diet Setelah Melahirkan"

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda Dengan Bijak,TKS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel