Mau Menurunkan Berat Badan? Mulailah dengan Sarapan

Jika Kamu ingin menurunkan berat badan, maka upaya harus dilakukan sejak pagi hari. Makan sarapan yang sehat dapat memberi banyak manfaat, termasuk menekan nafsu makan dan memberikan tenaga untuk aktif sepanjang hari.

Mau Menurunkan Berat Badan? Mulailah dengan Sarapan

Melewatkan sarapan sering kali dianggap sebagai cara untuk menurunkan berat badan yang cukup efektif. Akan tetapi, hal tersebut justru dapat merugikan tubuh.

Menurunkan berat badan dengan cepat akan membawa Kamu menemukan sarapan lezat dan enak namun tetap memastikan proses penurunan berat badan yang efektif. Sarapan sangat penting sehingga banyak orang berpikir bahwa melewatkan sarapan akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat tapi itu adalah pemikiran negatif. Kamu perlu makan nutrisi yang cukup dalam makanan yang tepat. Silakan lihat informasi di bawah ini untuk mengetahui makanan apa yang dapat menurunkan berat badan saat sarapan pagi.

Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan


Berikut ini akan kami sajikan beberapa jenis makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

1. Buah-buahan

Buah merupakan makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi setiap saat sepanjang hari, tetapi akan sangat baik bila disantap di pagi hari. Memulai aktifitas setiap hari dengan buah-buahan dapat membuat Kamu makan makanan yang sehat pada jam-jam setelahnya, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Buah mengandung karbohidrat sederhana yang dapat dipecah menjadi energi, yang berfungsi sebagai bahan bakar pada latihan pagi Kamu. Ditambah lagi, buah-buahan mengandung banyak air, yang dapat berperan sebagai penahan nafsu makan dan mencegah untuk tidak ngemil makanan tambahan sepanjang hari.

2. Gandum utuh dan serat

Roti gandum dan sereal, serta oatmeal adalah makanan tinggi serat untuk sarapan di pagi hari yang merupakan makanan tepat untuk penurunan berat badan.

Makanan yang tinggi serat dapat membantu Kamu merasa kenyang lebih lama, selain itu memiliki jumlah kalori yang rendah. Hal ini membantu Kamu untuk mengontrol berat badan di pagi hari dan membatasi ngemil sepanjang hari.

3. Yogurt

Yogurt yang merupakan campuran baik oleh buah dan granola, membuat yogurt rendah lemak dan baik untuk sarapan pagi Kamu.

Yogurt juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yang membantu untuk melawan lemak dan mampu menurunkan berat badan. Yogurt sangat mudah didapatkan serta juga mudah dikonsumsi dan dapat dimakan dengan menghemat waktu di pagi hari.

4. Air

Segelas air putih di pagi hari dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu membatasi makanan dan menurunkan berat badan. Minum air putih minimal delapan gelas air setiap hari. Awali hari dengan minum air putih, serta minum segelas air putih sekitar satu jam sebelum Kamu makan untuk mendapatkan efek kenyang lebih lama yang sama.

Menu Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Menu Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain jenis makanan, kami juga akan mengulas tentang menu makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan kamu. Selain bagus dan menyehatkan, menu makanan berikut juga lezat. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1. Yogurt dicampur dengan raspberry

Sarapan dengan menu makanan yang mengandung protein tinggi akan membantu Kamu merasa kenyang sepanjang hari, menurut sebuah penelitian yang disebutkan dalam British Journal of Nutrition. Yoghurt tanpa pemanis memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak daripada yogurt biasa dengan jumlah kalori yang sama. Coba kamu campurkan yogurt dengan sedikit raspberry dan Kamu akan mendapatkan sarapan yang baik dan sangat lezat.

2. Grapefruit dan telur panggang

Mengonsumsi setengah grapefruit sebelum sarapan akan memberi dampak positif pada mereka yang ingin menurunkan berat badan. Siapkan sarapan pagi kamu dengan setengah grapefruit, dan dua butir telur matang untuk memcukupi protein yang dibutuhkan tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa sarapan pagi dengan telur membuat Kamu merasa kenyang lebih lama dan cenderung makan lebih sedikit saat makan selanjutnya. Tambahkan sepotong roti gandum utuh dan satu sendok teh mentega untuk mendpatkan sekitar 300 kalori, dan Kamu akan merasa kenyang.

3. Buah dan kacang

Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal, kacang tidak akan menyebabkan Kamu kehilangan lemak perut. Dengan begitu sarapanlah dengan buah dan kacang segar untuk menunjang penurunan berat badan ini.

4. Biji-bijian dengan kacang macadamia dan kelapa

Kedua bahan makanan ini tidak hanya memberikan inspirasi Kamu dan membuat Kamu merasa lebih baik tentang diri sendiri, tapi juga mampu mengurangi nafsu makan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite menyebutkan bahwa makan sereal biasa saat sarapan meningkatkan mood dan ukuran tiga putaran wanita. Tidak perlu khawatir tentang kandungan lemak tinggi pada kacang macadamia, karena kaya akan antioksidan.

5. Oatmeal dicampur dengan apel

Apel dan whole grain oatmeal dapat membantu Kamu mengurangi lemak perut dan mengurangi berat badan Kamu secara signifikan. Menu sarapan ini sehat dan juga sangat lezat.

6. Smoothie Grapefruit

Mulailah hari dengan menu sarapan smoothie jeruk segar dan vitamin dan nutrisi penting. Smoothies grapefruit sangat lezat dan sangat menggugah selera akan menambah motivasi Kamu.

7. Pisang dengan coklat dan kacang

Menu makanan yang satu ini terdengar gemuk dan berlama-lama, namun sarapan pagi dengan racikan ini bisa membantu Kamu mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan tetap cepat menurunkan berat badan. Yang perlu Kamu lakukan adalah memilih coklat hitam murni tanpa gula.

8. Oatmeal dicampur dengan coklat dan blueberry

Dengan menu makanan ini Kamu membutuhkan bahan makanan seperti oat, bubuk kakao, beberapa irisan pisang, blueberry dan sedikit kayu manis. Rasa lezat dari hidangan ini tentu akan membuat Kamu lebih bersemangat dalam menjalani masa penurunan berat badan Kamu.

9. Smoothie Sayuran

Sayuran Pisang Smoothies dibuat dengan campuran sebagai berikut: 1 pisang matang, daun 1 mint, 3 stroberi, 1/2 cangkir kale, 1/2 cangkir susu, 1/2 gelas air dan beberapa es jika diinginkan . Tidak ada yang mengira smoothie hijau sejuk ini adalah makanan yang dapat menurunkan berat badan dan juga lezat.

10. Telur Muffin

Jika Kamu memiliki free time, Kamu bisa membuat muffin yang menarik dan dapat menggugah semangat untuk sarapan. Kehilangan berat badan bukan berarti Kamu tidak punya hak untuk menikmati hidangan yang selezat ini.

Jadwal dan Menu Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan

Jadwal dan Menu Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan

Setiap orang memiliki keinginan yang kuat untuk memiliki berat badan ideal yang diinginkan. Untuk bisa mendapatkan tubuh ideal dan menurunkan berat badan, banyak yang rela untuk tidak makan. Tapi sayangnya mereka sering mengabaikan sarapan demi bisa menurunkan berat badan.

Padahal sarapan merupakan hal penting saat Kamu ingin menurunkan berat badan. Bahkan menurut para pakar penurunan berat badan, ahli gizi dan dokter menyarankan bahwa Kamu harus sarapan penuh dengan protein dan nutrisi lainnya agar dapat membantu melancarkan metabolisme dan membantu membakar kalori.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sarapan yang baik dengan nutrisi lengkap justru menunjang pembakaran kalori lebih banyak, membuat kita merasa kenyang lebih lama dan memberikan jeda waktu lama untuk waktu makan selanjutnya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa sarapan yang tepat adalah hal penting yang perlu Kamu lakukan untuk mengawali hari.

Tapi seringkali orang merasa bingung tentang menu makanan apa agar mereka dapat memenuhi nutrisi dan tidak salah pada sarapan yang berlemak dan berkolesterol. Nah, jika Kamu adalah salah satu orang yang juga penasaran dengan menu makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan, maka jadwalkan menu sarapan Kamu sepertinya yang akan kami ulas sebagai berikut.

1. Senin

Hari pertama yaitu hari Senin, kita mulai dengan makan 2 butir telur rebus dan semangkok kecil brokoli rebus. Atau Kamu juga bisa mengolah telur sebagai omelet dengan tambahan sayuran serta jamur. Menu sarapan sederhana ini dapat memenuhi kebutuhan protein Kamu di pagi hari dan juga untuk persediaan energi harian. Jika merasa bosan dengan menu sarapan ini, Kamu bisa memilih untuk membuat smoothies pisang dengan susu low-fat.

2. Selasa

Menu sarapan sehat selanjutnya, yaitu hari selasa adalah oatmeal atau roti gandum. Jika Kamu suka, kamu juga bisa membuat bubur kacang hijau yang dicampurkan dengan kacang merah. Bubur ini memiliki kandungan protein yang tinggi sekaligus juga memenuhi serat makanan yang akan membuat kamu merasa kenyang sepanjang hari.

3. Rabu

Menu sarapan hari Rabu adalah makan sereal dengan susu low-fat. Atau kamu juga bisa mengganti dengan tumis tahu dan sayur yang dilengkapi dengan nasi merah. Apabila sulit untuk mendapatkan nasi merah, Kamu bisa mengganti dengan konsumsi kacang almond dengan takaran satu genggaman tangan. Hal ini dapat membantu mengontrol kolesterol dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

4. Kamis

Menu sarapan hari kamis adalah dengan sup tempe dan tahu. Makanan yang terbuat dari kedelai ini akan memenuhi kebutuhan protein dan memberikan asupan asam lemak omega-3. Kamu juga bisa mengkreasikan dengan menambahkan jamur atau sayur lain sesuai selera kamu dalam sup.

5. Jumat

Menu sarapan hari jumat cukup simple. Cukup konsumsi 2 buah kentang rebus atau ubi rebus. Kamu juga bisa menambahkan 1 butir telur yang dimasak orak-arik di atas kentang rebus. Meskipun sedang diet, kamu tetap membutuhkan karbohidrat untuk kebutuhan aktifitas sehari-hari, tapi tetap berdasarkan pada sumber karbohidrat sehat.

6. Sabtu

Di akhir minggu ini, akhiri dengan salad sayur dan buah. Kamu bisa menggunakan berbagai macam buah sehat seperti alpukat, apel, pisang, dan anggur dengan selada dan kubis untuk menu sarapan weekend kamu. Taburkan biji wijen dan kacang almond ditambah minyak zaitun ke dalamnya jika mau.

7. Minggu

Hari minggu adalah hari dimana saatnya tubuh kita sedikit bersenang-senang. Menu sarapan minggu kamu bisa minum susu low-fat atau yogurt dan pancake lalu diakhiri dengan buah-buahan. Kamu bisa menambahkan madu jika kamu suka. Meskipun tubuh kita butuh bersenang-senang, kamu tetap harus memperhatikan menu makananmu untuk program menurunkan berat badan.

Itu tadi beberapa cara untuk membantu program diet kamu untuk menurunkan berat badan. Ternyata diet juga harus sehat bukan ? Kamu tetap harus memperhatikan kebutuhan nutrisimu. Cukup sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu keinginan kamu untuk menurunkan berat badan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel