Inilah Tips Manjur Cegah Tubuh Alami Obesitas

Saat ini semakin marak jajanan yang di edarkan di pasar. Entah diedarkan denganmembuka toko, banyak outlet, ataupun di pasarkan melalui media online. Belum lagi semakin menjamurnya makanan cepat saji baik yang asli dari Indonesia maupun cabang dari luar negeri. Karena rasa makanan yang memikat lidah Anda, Anda pun akan merasa ketagihan untuk selalu mencicipi makanan tersbut yang akhirnya tanpa disadari dapat mengakibatkan Anda obesitas. 

Belum lagi minuman yang banyak mengandung soda dan juga gula. Minuman kemasan yang banyak dijual dipasaran pun banyak mengandung gula yang bisa membuat Anda mengalami obesitas. Bukankah lebih baik mencegah daripada harus susah lepas pada obesitas?
Inilah Tips Manjur Cegah Tubuh Alami Obesitas


Obesitas saat ini banyak sekali dialami oleh seluruh masyarakat dunia. Ketersediaan makanan dan minuman cepat saji menjadikan manusia semakin dimudahkan dan dibuat semakin malas. Malas untuk bergerak dan malas untuk menjalankan hidup sehat. Banyak faktor yang membuat banyak orang saat ini mengalami obesitas, diantaranya.

Fisik

Adanya kelainan metabolisme dapat juga menyebabkan tubuh Anda menderita kegemukan atau mengalami obesitas. Banyak tidak disadari jika meskipun Anda makan dalam porsi yang sedikit Anda bisa tetap saja obesitas atau bahkan Anda yang sudah biasa mengkonsumsi makanan rendah kalori belum tentu ada jaminan Anda terbebas dari obesitas

Genetik

Faktor obesitas dapat dipengaruhi oleh keturunan dalam keluarga. Jika orang tua Anda memiliki riwayat obesitas, Anda juga memiliki peluang mengalmi obesitas seperti keluarga Anda. Hal ini dikarenakan obesitas merupakan pengaruh dari genetik. Sehingga jika keluarga Anda memiliki riwayat obesitas sebaiknya Anda tetap menjaga pola hidup agar terhindar dari obesitas.

Pola Makan yang Buruk

Kebiasaan untuk memakan dan meminum yang banyak mengandung lemak dan gula akan meningkatkan resiko Anda terkena obesitas. Jika dilakukan dengan terus menerus akan menyebabkan Anda mengalami gangguan makan. Biasanya hal ini sering terjadi pada wanita yang mana sering melampiaskan kekesalannya dengan tanpa ada kontrol.

Pola Hidup yang Buruk

Lingkungan hidup Anda akan sangat memengaruhi pola hidup Anda. Entah dari teman, keluarga, atau lingkungan tempat Anda tinggal yang tidak baik bisa membuat Anda mengalami obesitas. Meskipun begitu biasanya kondisi ini masih bisa diatasi oleh Anda sendiri.

Obesitas memang masalah yangsangat umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-harinya. Namun dengan kondisi seperti ini bukan berarti Anda hanya berdiam diri saja, kondisi ini tentu bisa dipecahkan. Salah satu cara memecahkan permasalahan ini adalah dengan melakukan tips manjur cegah tubuh alami obesitas. 

Berikut beberapa tips manjur cegah tubuh alami obesitas yang bisa Anda praktekan agar mengurangi resiko terjadinya obesitas.
tips manjur cegah tubuh alami obesitas


1. Batasi memakan makanan cepat saji

Maraknya makanan cepat saji saat ini menyebabkan resiko terjadinya obesitas juga semakin besar. Ini dikarenakan mayoritas makanan cepat saji dimasak dengan cara digoreng yang sudah pasti mengandung banyak lemak jahat dan kandungan garam yang sangat tinggi. Oleh karena itu makanan cepat saji akan membuat Anda cepat mengalami peningkatan berat badan. Selain mengandung lemak jahat dan kandungan garam yang tinggi, makanan cepat saji hanya mengandung sedikit sekali kalori.

2. Jangan gunakan bahan pengganti gula

Jika Anda suka memasak, jangan ganti kebutuhan gula dalam masakan Anda. Tetaplah memakai gula. Anda juga disarankan untuk menghindari semua jenis makanan kemasan yang mengandung gula pengganti. Hal ini dikarenakan gula pengganti mengandung zat pemanis yang lebih tinggih jika dibandingkan dengan gula alami. Zat yang terkandung di dalam gula pengganti lebih berbahaya daripada jenis gula alami. Hampir semua jenis gula pengganti dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan dapat menghambat proses metabolisme tubuh anda. Sehingga gula pemanis dapat menyebabkan anda mengalami obesitas.

3. Batasi minum-minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak karbon sehingga dapat menyebabkan terjadinya obesitas selain itu minuman bersoda juga mengandung gula tambahan dan pemanis buatan dimana bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan obesitas karena bahan tersebut meningkatkan kadar gula dalam tubuh anda. Untuk menghindari obesitas sebaiknya anda tidak terlalu sering meminum minuman bersoda. Sebagai gantinya anda dapat banyak minum air mineral ataupun jus tanpa gula.

4. Tidak merokok dan minum alkohol

Jika anda memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan resiko terjadinya obesitas. Jika anda sering mengkonsumsi alkohol, alkohol tersebut akan masuk kedalam tubuh anda melewati pembuluh darah. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan menghambat aliran darah jantung kesemua bagian tubuh anda. Sedangkan, jika anda suka merokok anda akan memiliki plak dalam pembuluh darah. Hal ini dikarenakan rokok mengandung nikotin. Kedua hal tersebut akan menghambat proses pembakaran kalori dalam tubuh anda. Jadi, sebaiknya anda menghindari konsumsi alkohol dan rokok.  

5. Makan makanan yang mengandung kalsium tinggi

Dengan anda makan makanan yang mengandung kasium tinggi bisa menjadi tips manjur cegah tubuh alami obesitas. Saat makanan yang mengandung kalsium tinggi masuk ke dalam tubuh anda maka hal tersebut dapat membantu proses pemecahan lemak menjadi sumber tenaga dan energi. Semakin banyak anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi maka semakin banyak pula lemak dalam tubuh anda berubah menjadi tenaga dan energi. Adanya kalsium juga dapat membantu menurunkan berat badan anda. Beberapa sayuran dapat anda masukkan ke dalam menu makan anda seperti brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian dan jeruk yang mana mengandung banyak kalsium.

6. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi

Daripada anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak lebih baik sebagai gantinya anda perbanyak makanan yang banyak mengandung protein tinggi. Banyak jenis makanan yang mengandung protein tinggi diantaranya dada ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Berbagai jenis  makanan tersebut dapat menghasilkan sumber tenaga dan energi bagi tubuh anda. Selain itu protein juga bisa membantu membakar kalori dalam tubuh anda dengan lebih cepat dibandingkan dengan lemak. Adanya lemak di dalam tubuh dapat menyebabkan kolesterol.

7. Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Sudah kita ketahui bersama jika dengan mengkonsumsi sayuran hijau akan membuat tubuh kita sehat. Beberapa sayuran hijau yang baik untuk tubuh kita antara lain brokoli, arugula, kale, bayam, selada dan jenis sayuran hijau lainnya. Beberapa sayuran tersebut dapat mendukung sistem kesehatan tubuh anda. Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sayuran hijau ini dapat mengatur berat tubuh anda karena kandungan kalori yang cukup rendah didalamnya. Namun, anda juga harus memperhatikan cara mengolah sayuran hijau tersebut. Sayuran hijau memang rentan dengan kandungan pestisida sehingga sebelum anda mengolahnya anda harus mencuci sayuran hijau tersebut dengan benar dan sampai bersih.

8. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat tinggi dapat menurunkan resiko terjadinya obesitas. Makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu untuk mendorong sistem pencernaan anda bekerja dengan baik. Makanan yang memiliki serat tinggi juga mengandung beberapa sumber nutrisi penting untuk tubuh diantaranya vitamin dan mineral. Beberapa makanan yang memiliki serat tinggi antara lain pepaya, alpukat, stroberi, anggur, mangga, bayam, kale, brokoli dan jenis sayuran lainnya. Semua  makanan tersebut mengandung anti oksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

9. Jangan lewatkan sarapan setiap pagi
Jangan lewatkan sarapan setiap pagi


Rutinitas sarapan setiap pagi biasanya banyak dilewatkan oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Dari banyak alasan tersebut salah satunya dikarenakan ketakutan untuk sarapan yang bisa menyebabkan tubuh menjadi obesitas. Namun ternyata anggapan tersebut tidak benar karena dengan rutin sarapan setiap pagi anda malah bisa mengurangi kalori dalam tubuh anda. Saat anda sarapan maka perut anda akan terisi makanan dan tubuh memiliki energi. Selain itu sarapan juga dapat mengurangi jumlah makanan atau kalori selama satu hari penuh. Dengan sarapan anda juga dapat mengurangi porsi makan siang anda. Jadi sebenarnya sarapan setiap pagi malah dapat mengurangi resiko obesitas. 

10. Rutin menimbang berat badan

Dengan anda menimbang berat badan secara teratur dapat menjadi tips manjur cegah tubuh alami obesitas. Cara tersebut dapat mendorong tubuh anda menjadi lebih sehat. Meskipun pada awalnya anda akan merasa malu dan tertekan, tapi dengan cara ini anda dapat mengetahui kondisi berat badan anda. Dengan menimbang berat badan anda dapat membantu anda untuk menentukan program diet yang cocok dan sehat.

11. Atur jumlah kalori makanan anda

Setiap kalori dalam makanan anda akan menambah berat badan yang sangat tinggi. Dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlebihan akan meningkatkan resiko anda terkena obesitas. Untuk menyiasatinya anda dapat mencoba dengan mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda. Caranya dengan anda mengatur apa saja makanan, sayuran dan buah-buahan yang masuk ke dalam tubuh anda. Dengan memilih bahan makanan sesuai dengan kondisi tubuh anda dapat membantu membakar kalori lebih cepat. 

12. Masak beras merah dibanding beras putih

Dengan mengkonsumsi beras merah dapat menjadi alternatif untuk mengurangi resiko obesitas. Beras merah memiliki kandungan nilai glikemik yang lebih rendah sehingga menyehatkan tubuh. Selain itu kandungan nutrisi seperti mineral yang ada pada beras merah lebih tinggi dibanding yang ada pada beras putih. Beras merah juga mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kerja khusus dan mendukung penyerapan nutrisi dalam tubuh.

13. Rutin minum jus buah tanpa gula

Minum jus tanpa gula dapat menjadi tips manjur cegah tubuh alami obesitas. Anda disarankan untuk membuat jus buah sendiri karena selain alami juga menyehatkan dibandingkan jus dalam kemasan. Jus dalam kemasan biasanya mengandung gula pengganti dan bahan pemanis buatan lainnya. Saat anda membuat jus buah dapat anda kombinasikan dengan beberapa buah misalnya alpukat, tomat, stroberi, mangga, anggur dan jenis buah lainnya. Anda juga bisa mengkombinasikan jus buah tersebut dengan berbagai jenis sayuran seperti bayar dan kale.

Itulah tadi beberapa ulasan menarik mengenai tips manjur cegah tubuh alami obesitas. Semoga Anda tetap dapat mengontrol porsi makan dan pola hidup Anda agar terhindar dari obesitas. Tubuh sehat juga akan memudahkan Anda dalam melakukan banyak aktifitas setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel