Ini Kriteria Diet Sehat, Bukan Tidak Makan Nasi dan Lemak

Kebanyakan wanita melakukan berbagai cara untuk bisa menurunkan berat badan mereka, namun ketika diet tersebut tak kunjung menampakkan hasil kebanyakan dari kita akhirnya memutuskan untuk menyerah dan malah memangkas porsi makan secara besar-besaran. 

Memang hal tersebut masuk akal jika dilakukan, dengan sedikit porsi makan yang kita makan akan mendapat asupan lemak dan juga kalori sedikit bagi tubuh kita sehingga tidak mudah menambah berat badan. Diet sehat bukanlah dengan cara tidak makan nasi dan lemak, karena hal tersebut hanya akan mengurangi kadar kalori anda, dan justru akan memberikan banyak resiko dari efek samping diet tersebut.
Ini Kriteria Diet Sehat, Bukan Tidak Makan Nasi dan Lemak


Pada dasarnya, jumlah kalori yang anda miliki merupakan energi panas yang diperoleh dari makanan yang anda konsumsi. Kalori tersebut sangat diperlukan tubuh untuk tetap menjalankan fungsi organ tubuh dan juga metabolisme yang terjadi dalam tubuh, serta kalori digunakan untuk melakukan aktivitas dengan cara menggerakkan otot tulang anda setiap hari.

Salah satu cara untuk mencegah penyimpanan kalori yang terlalu banyak dan akan berubah dalam bentuk lemak adalah dengan diet kalori, anda dapat melakukan dengan cara mngurangi porsi makanan yang anda konsumsi. Namun jika terlalu mengurangi, kekurangan kalori juga dapat meningkatkan resiko tubuh kekurangan nutrisi jika tidak melakukan diet dengan tepat.

Dalam sebuah Himpunan dari Amerika Serikat yakni National Institute of Health menyatakan bahwa manfaat dari penurunan berat badan yang sehat dengan diet kalori akan muncul ketika tubuh anda sudah tidak mengalami nutrisi esensial selama anda menjalani diet. 

Kriteria Diet Sehat dengan Tetap Mengkonsumsi Nasi dan Lemak

Kriteria Diet Sehat dengan Tetap Mengkonsumsi Nasi dan Lemak

Terdapat tiga komponen penting dalam membangun kesuksesan diet secara sehat, yakni dengan melakukan aktivitas fisik, memenuhi asupan makanan sehat, dan juga perubahan perilaku. Ketiga komponen tersebut tidak hanya dapat menurunkan berat badan anda, namun juga untuk diet sehat yang dapat dilakukan untuk menaikkan atau meningkatkan berat badan.

Misalnya saja ketika orang ingin menurunkan berat badannya beberapa kilogram, itu tidak berarti dai harus menghilangkan nutrisi penting dalam tubuh melalui asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Diet memang boleh, namun bukan dengan cara yang instan seoerti itu. Pada dasarnya, seseorang membutuhkan protein, karbohidrat dan juga lemak dalam tubuhnya untuk dapat bertahan hidup sehat. Diet secara instan dapat mengundang beberapa penyakit.

Seluruh gizi dalam tubuh harus tetap terpenuhi meskipun jumlahnya tidak banyak. Jika anda memutuskan untuk diet, cobalah untuk mengurangi porsi makan anda secara perlahan tanpa menghilangkan nutrisi penting yang ada didalamnya. Nasi, sayur, dan juga lauk pauk harus masih tetap ada namun porsinya saja harus dikurangi.

Anda dapat melakuka diet sehat dengan mengurangi asupan karbohidrat rendah, namun pengurangan karbohidrat tersebut juga harus disesuaikan dengan beberapa aktivitas yang anda jalani. Cobalah melakukannya secara perlahan selama kurun waktu mingguan atau bulanan. 

Jangan menurunkan konsumsi makanan karbo terlalu sedikit ketika anda sedang dalam aktivitas yang cukup padat. Karena terlalu sedikit karbo dapat menurunkan proses metabolisme dan juga dapat menghilangkan massa dari otot anda. jika anda menurunkan asupan karbohidrat maka anda juga harus mengimbangi dengan asupan serat dan juga protein yang cukup.

Anda dapat mengurangi jumlah karbohidrat dengan makanan pengganti yang mengandung protein, misalnya mengkonsumsi ikan, daging, telur dan juga kacang-kacangan. Agar anda tetap merasa kenyang maka anda dapat memakan buah dan sayur dan juga sumber lemak yang sehat seperti olahan susu, mentega dan juga minyak kelapa.

Selain itu, anda juga harus menghindari minum minuman manis, lemak trans, makanan yang mengandunng gluten, pemanis buatan, dan juga sirup jagung memiliki fruktosa tinggi, serta dengan mengkonsumsi olahan tepung. Anda dapat memilih makan mentah atau yang sudah dimasak dahulu jika dibandingkan dengan harus mengkonsumsi makanan kemasan.

Anda tetap bisa mengkonsumsi nasi, karena nasi tidak mengandung gluten maka anda hanya perlu mengurangi jumlah asupannya saja. Tidak hanya nasi, beberapa jenis makanan lain yang punya kandungan karbohidrat dan cenderung menyehatkan misalnya, oatmeal, kentang, ubi, kacang-kacangan. Anda dapat mengkonsumsinya agar anda tetap memiliki persediaan tenaga yang didbutuhkan untuk beraktivitas.

Metode Diet Rendah Karbohidrat

Metode Diet Rendah Karbohidrat

1. Diet Mediterania

Diet ini adalah jenis diet yang dilakukan berdasarkan peradaban yang ada di Mediterania pada abad ke 20 silam. Diet ini juga sama dengan diet yang rendah lemak, namun diet Mediterania juga melakukan penerapan pemilihan jenis makanan. Diet ini lebih mengutamakan :

Asupan buah dan sayuran serta dari sumber protein yang anda konsumsi dari telur dan juga ikan.
Membatasi anda untuk mengurangi asupan daging serta olahan susu yang lebih sedikit
Anda harus menghindari asupan karbohidrat dan gula olahan sepenuhnya.

2. Diet Ketogenik

Diet jenis ini memiliki tujuan untuk membuat tubuh anda mengalami kondisi ketosis, yakni ketika tubuh anda tidak memerlukan karbohidrat dari makanan untuk mendapatkan energi. Pola makan dari diet ketogenik ini lebih menekankan pada jumlah lemak dan protein yang tinggi. Dan juga jumlah karbohidrat yang sedikit yakni kurang dari 50 gram per hari.

3. Diet Paleo

Diet ini merupakan jenis diet yang memiliki pola maka yang begitu dekat dengan dasar diet yang rendah karbohidrat dan juga:

Diet ini menghindari beberapa tepung olahan dan juga gula. 
Menghindari kandungan karbohidrat dari gandung dan juga produk olahan susu
Beberapa jenis yang harus dikonsumsi adalah telur ikan, daging, sayur dan buah dan makanan laut serta umbi-umbian.

4. Diet Atkin

Diet jenis ini merupakan diet yang akan mengurangi kadar karbohidrat tubuh hingga sekitar 20 gram per harinya, namun sebagai ganti karbohidrat tersebut adalah tidak ada batasan pasti bagi anda untuk mengkonsumsi lemak dan juga protein. Fase dalam diet Atkin dibagi dalam beberarapa fase pada penurunan asupan karbohidrat yang dapat anda ganti secara perlahan yakni dengan sayur, kacang, dan juga buah hingga pada akhirnya tubuh anda akan mulai terbiasa dengan beberapa sumber karbohidrat yang lebih menyehatkan. 

Diet ini dapat dilakukan oleh beberapa jenis orang, seperti seorang vegetarian juga dapat melakukan diet ini dengan mengkonsumsi kacang, gluten, kacang kedelai dan juga minyak dari tumbuhan.

Efek samping diet kalori yang berlebihan

Efek samping diet kalori yang berlebihan

Akibat dari diet kalori yang berlebihan adalah karena tubuh anda tidak dapat beradaptasi dengan pola makan baru anda, sehingga tubuh anda kekurangan nutrisi esensial dan menyebabkan tubuh anda mengalami efek berikut ini :

1. Terjadi penurunan metabolisme

Tubuh anda akan mengalami kelaparan dan penurunan metabolisme yang merupaakan efek samping yang sementara ketika anda menjalani diet. Penurunan metabolisme ini akan menjadi masalah yang serius jika dirasakan secara berkelanjutan sehingga menyebabkan massa otot anda akan menghilang, hal ini mungkin terjadi saat anda juga mengalami kekurangan asupan protein ketika menjalani diet dan tidak melakukan aktivitas fisik dalam rangka menjaga massa otot agar tetap ada. Penurunan metabolisme adalah salah satu penyebab naiknya berat badan anda naik lagi setelah beberapa minggu atau bulan anda menjalani diet.

2. Tubuh akan terlihat kurus namun tidak sehat

Dengan mengurangi jumlah makanan saat sedang diet dapat memiliki efek samping yang cepat dalam mengubah penampilan fisik anda, tubuh anda akan terlihat nampak lebih kurus dari penurunan badan tersebut.

Namun yang perlu anda ketahui adalah, penurunan berat badan dalam waktu singkat bukan hanya merupakan suatu pertanda bahwa diet yang anda lakukan sukses besar. Ketika tubuh anda tiba-tiba kurus yang berasal dari diet kalori, maka hasil ini tidak akan tahan lama. Justru tubuh anda akan merasa kurus mendadak dan menjadi suatu pertanda bahwa massa otot anda hilang serta terjadi penurunan metabolisme. Agar hal ini tidak terjadi pada anda, maka anda dapat mengurangi asupan karbohidrat yang dapat anda lakukan secara bertahap dengan mengganti sumber energi anda dengan serat dan protein, bukan tidak sama sekali.

3. Dapat mengganggu proses pemulihan tulang

Anda harus mengetahui bahwa tulang adalah salah satu organ tubuh yang selalu mengalami regenerasi diri. Hal tersebut menyebabkan tulang anda selalu mengalami perubahan seperti kepadatan dan lebih kuat, bergantung pada pola aktivitas dan juga ketersediaan nutrisi anda. 

Degan mengkonsumsi kalori yang terlalu sedikit maka akan berdampak pada kepadatan tulang anda, karena tubuh anda membutuhkan kalori untuk melepaskan hormon estrogen dan juga testosteron. Ketidak adanya dua hormo ini dapat menyebabkan terganggunya proses pergantia jaringan tulang secara optimal. Defisiensi nutrisi dan kalori tubuh juga penting yang dapat menyebabkan kerusakan dari tulang yang menetap dan juga tulang anda dapat mudah patah.

4. Kelelahan Kronis

Terjadinya kelelahan kronis ini merupakan suatu hal yang begitu kompleks karena tubuh anda tidak hanya disebabkan oleh defisiensi kalori namun juga beberapa nutrisi yang penting. Penyebab kelelahan salah satunya adalah gejala anemia yang juga dipicu oleh defisiensi folat, vitamin B12 dan juga zat besi. Gejala dari kelelahan kronis ini akan menetap di tubuh saat tubuh anda juga mengalami kekurangan magnesium, kalsium, vitamin A, protein, biotin dan juga tiamin.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada anda, maka anda harus menghindari konsumsi makanan dengan jumlah yang terlalu sedikit dan anda dapat memperbanyak konsumsi makanan segar jika dibandingkan makanan olah ketika menjalani diet.

5. Mudah Sakit

Tubuh yang tidak memiliki kalori dan juga nutrisi yang cukup, akan lebih mudah untuk jatuh sakit karena kelelahan memerangi agen penyebab infeksi apalagi ketika seseorang tersebut aktif dalam beraktivitas fisik. Hal ini dapat dilihat dari sebuah studi pada seorang atlet yang menunjukkan bahwa usaha penurunan berat badan dengan diet kalori yang menggandakan resiko terserang penyakit dalam beberapa bulan.

Jika dibandingkan dengan mengurangi porsi maka secara sembarangan agar cepat kurus, maka lebih baik anda mengganti jenis makanan lain yang berguna agar tetap memperoleh nutrisi yang dibutuhkan dengan jumlah kalori yang rendah. Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh anda hingga tubuh anda dapat beradaptasi dengan baik terhadap pola makan anda yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel