Cara Membakar Kalori Lebih Banyak dengan Mengurangi Waktu Duduk

Manusia memiliki gaya hidup yang bermacam-macam, ada yang aktif ada juga yang kurang aktif  atau sedentair yang saat ini banyak dirasakan oleh beberapa orang secara global. Kebanyakan orang ketika sudah bekerja lebih sering “menempel” pada kursi, dari pagi bahkan hingga malam. Gaya hidup yang kurang aktif ini merupakan salah satu penyebab cepat gemuk dan dapat menjadi gangguan kesehatan kronik yang salah satunya dipicu dari kelebihan berat badan.

Cara Membakar Kalori Lebih Banyak dengan Mengurangi Waktu Duduk

Jika anda terlalu banyak duduk akan berbahaya pada kesehatan, maka anda harus bisa mengurangi waktu duduk dalam waktu sehari agar tidak berakibat buruk pada kesehatan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di Australia dan Denmark yang mendatangi 19 kantor Denmark dimana negara tersebut memiliki banyak kantor yang menyedikan meja dan kursi berdiri. Kemudian secara acak, peneliti tersebut meminta kepada 317 orang dalam kantor-kantor tersebut untuk lebih banyak berdiri ketika sedang bekerja dan sisa dari orang itu tidak diberikan edukasi tentang apa manfaat dari mengurangi waktu duduk.

Selama selang waktu satu bulan, beberapa karyawan yang menggunakan “meja duduk dan juga berdiri” memiliki waktu untuk duduk selama 71 menit lebih sedikit jika dibanding karyawan yang memakai meja konvensional. 7 persen dari mereka lebih memperbanyak berjalan kaki. Peneliti berharap agar mereka sedikit mengurangi waktu duduk sampai satu jam selama satu hari, namun ternyata hasilnya melebihi.

Sementara itu, kelompok lain yang duduk lebih sedikit teryata juga memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit setelah 3 bulan jika dibanding dengan kelompok lain yang banyak duduk. Meskipun mengurangi waktu duduk tidak akan menurunkan lemak badan secara drastis namun setidaknya anda akan lebih bergerak secara aktif. Ketika waktu duduk anda berkurang maka anda akan lebih banyak berjalan kaki, melakukan peregangan, atau berdiri. 

Anda dapat menyisipkan kegiatan berdiri dengan mudah dalam rutinitas anda sehari-hari, misalnya saja ketika anda sedang menonton tv, berbicara di telepon, atau sedang menggunakan gadget serta melakukan hal lain yang bisa anda lakukan dengan berdiri maupun jalan. Mondar-mandir juga dapat membaka kalori lebih banyak.

Mungkin jika di tempat kerja anda dizinkanm cobalah untuk mengganti kursi tradisional anda dengan kursi berdiri yang lebih tinggi, bahkan ada beberapa pekerja yang memasang meja treadmill ditempat kerjanya agar dapat berjalan lambat saat bekerja. Namun jika anda tidak dapat melakukan hal tersebut anda dapat melakukan kegiatan berdiri di sela-sela bekerja anda.

Anda tidak perlu khawatir jika harus berdiri berlama-lama dalam sehari, karena semakin banyak waktu ada untuk berdiri tegak maka bentuk tubuh anda juga semakin baik. Banyak berdiri dan banyak bergerak dalam membuat pinggang anda lebih kecil dan lebih sehat.

Kalori yang terbakar ketika berdiri, duduk dan berjalan

Kalori yang terbakar ketika berdiri, duduk dan berjalan

Kita dianjurkan untuk sering berdiri daripada duduk secara terus-menerus di suatu tempat kerja, karena hal ini memiliki alasan yang kuat. Untuk mengontrol berat badan memang bukanlah suatu alasan yang tepat untuk memperbanyak berdiri,seperti dalam sebuah penelitian baru yang telah mengukur berapa banyak tepatnya kalori yang bisa terbakar ketika anda telah beraktivitas seharian baik di tempat kerja maupun dirumah.

Dalam sebuah hasil studi menyatakan bahwa jika sering melakukan satu jenis kegiatan saja maka akan membantu anda untuk menghindari kenaikan berat badan. Namun bukan berarti harus berdiri secara terus menerus.

Kebanyakan orang memang menghabiskan banyak waktunya untuk duduk kira-kira 6 sampai 7 jam seseorang menghabiskan waktu di meja kerja setiap hari tanpa berdiri. Menurut para ilmuwan, waktu yang anda gunakan untuk duduk ini dapat dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung, kematian dini, diabetes dan juga kenaikan berat badan.

Menurut beberapa studi menunjukkan bahwa berdiri dari tempat duduk dapat membantu anda dalam mengatur kadar gula darah dan juga dapat mengurangi resiko penyakit kronis maupun diabetes. Karena hal tersebut, seseorang harus berusaha untuk menambah waktu berdiri agar dapat tetap menjaga lingkar pinggang atau lemak dalam tubuh semakin bertambah.

Terdapat sebuah eksperimen yang dilakuakn oleh para peneliti dalam “Journal of Physical Activity and Health” yang menyatakan hasil dari eksperimen mereka aplikasikan dengan penelitian oeh Weight Management Research Center dan Physical Activity di University of Pittsbrugh. Dalam penelitian tersebut telah melibatkan sebanyak 74 relawan yang berkondisi sehat dengan rata-rata usia di pertengahan 20 tahun.

74 relawan tersebut dibagi menjadi 4 grup, pada grup pertama diminta untuk duduk dan juga mengetik di komputer selama 15 menit kemudian berdiri selama 15 menit, setelah itu berjalan sedikit mungkin. Pada kelompok kedua diminto untuk duduk selama 15 menit namun tidak boleh mengetik hanya boleh menonton tv lalu berlatih berjalan pelan pada treadmil selama waktu 15 menit.

Dan pada kelompok tiga diminta untuk berdiri selama 15 menit kemudian duduk selama 1 menit, hingga kelompok 4 berlatih untuk berjalan di treadmill selama 15 menit kemudian duduk. Hasil dari eksperimen itu pun tak mengherankan, ternyata duduk tidak akan membakar telalu banyak kalori. Relawan tersebut membakar 20 kalori ketika duduk selama 15 menit baik itu menonton tv atau mengetik.

Ternyata dari penelitian itu kalo yang dibakar dari aktivitas berdiri tidak jauh berbeda dengan aktivitas duduk. Relawan yang berdiri selama 15 menit hanya membakar sekitar dua kalori tambahan jika dibandingkan saat mereka sedang duduk. Baik itu ketika merek berdiri kemudian duduk, atau duduk kemudian berdiri itu sma saja hanya membakar 2 kalori.

Dari kejadian tersebut para peneliti menarik kesimpulan bahwa seseorang yang memilih berdiri daripada duduk saat bekerja akan membakar sekitar 8-9 kalori ekstra perjamnya. Namun jika seseorang itu berjalan ada hal yang akan berbeda, yakni ketika para relawan berjalan selama 15 menit baik itu dengan kecepatan santai atau tidak mereka akan membakar sekitar 3 kali kalori lebih banyak daripada saat mereka duduk maupun berdiri. Nah, ketika mereka berjalan selama satu jam lamanya maka mereka otomatis akan membakar sekitar 130 kalori lebih banyak dibandingkan mereka duduk atau berdiri.

Kesimpulannya adalah, jika memang tujuan anda ingin mengontrol berat badan ketika di tempat kerja, maka dengan berdiri saja tidak akan cukup, anda juga harus mencari waktu lain, mungkin ketika jam istirahat atau mungkin ketika pulang bekerja cobalah untuk berjalan kaki. Maka hal tersebut dapat anda lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membakar Kalori dengan Mudah

Cara Membakar Kalori dengan Mudah

Jika anda ingin tampil lebih prima dan ingin membakar kalori serta lemak dalam tubuh kita, ternyata tidak harus dengan cara yang berat dan penuh usaha. 

Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan sambil bermalas-malasan namun tetap membakar kalori, berikut beberapa caranya:

1. Pergi berbelanja atau Shopping

Shopping atau pergi jalan-jalan ke pasar atau ke mall merupakan salah satu cara termudah yang dapat anda coba untuk mengeluarkan kalori pada tubuh anda. dengan melakukan aktivitas in secara tidak langsung, mau atau tidak mau anda harus tetap berjalan terus sambil berdiri. Anda harus memastikan bahwa tempat yang anda kunjungi cukup luas sehingga anda dapat leluasa berjalan-jalan disana. Namun usahakan jangan membawa uang terlalu banyak, hal ini dapat membuat kantong anda kering.

2. Minum air dingin

Minum air dingin dapat menambah jumlah kalori yang dibakar oleh badan anda meskipun jika dihitung mungkin tidak terlalu banyak. Hanya sekitar 70 kalori lebih banyak yang terbakar jika dalam sehari anda meminum air dingin.

3. Makan sambal

Makan cabai atau sambal dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda, sehingga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Namun jika anda tidak menyukai sambal, jangan lakukan cara ini karena justru akan menambah penyakit baru dalam tubuh anda.

4. Duduk menggunakan bola besar

Ketika bekerja, anda dapat mencoba duduk diatas bola keseimbangan yang  biasa digunakan di tempat gym. Ketika duduk di bola tersebut saat jam kerja di kantor, kalori yang dapat anda bakar daripada duduk dikursi kerja biasa adalah 6 persen lebih banyak. Mungkin akan lebihnya jika setengah waktu menggunakan kursi biasa lalu setengah waktu lagi duduk di kursi bola.

5. Selalu Mengunyah

Cobalah untuk mengunyah permen karet, karena dengan mengunyah permen karet maka anda dapat membakar sekitar 68 kalori dalam tubuh. Beberapa studi menyatakan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi rasa lapar dan juga dapat mengurangi jumlah makan anda.

6. Menambah waktu tidur

Jika anda tidur kurang dalam sehari maka dapat menyebabkan metabolisme pembakaran kalori anda menurun. Maka cobalah untuk tidur dalam waktu yang cukup ketika malam hari yakni sekitar 7-9 jam. Anda juga harus tidur siang minimal 20 menit.

7. Bekerja dalam suhu yang dingin

Bekerja dengan suhu dingin dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh anda, maka beruntunglah bagi anda yang bekerja di kantor yang memiliki suhu dingin, pembakaran kalori dapat meningkat dan suhu tubuh anda tetap terjaga.

8. Minum teh hijau

Pernahkan anda meminum teh hijau ? teh hijau yang bermutu dan tidak mengandung zat kimia dapat membakar kalori tubuh anda sebanyak 78 sampai 106 jika anda minum 3 gelas teh per harinya.

9. Tetap berolahraga disetiap harinya

Anda harus mengutamakan olahraga minimal 10 menit sehari, meskipun hanya jogging atau sedikit olahraga yang menggerakkan badan. Maka dengan olahraga singkat tersebut anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan proses pembakaran kalori anda akan meningkat.

10. Gelisah yang menyebabkan gerak

Gelisah adalah keadaan dimana anda bingung memikirkan atau sedang menunggu sesuatu, namun gelisah yang dimaksud dini adalah ketika anda goyang-goyang atau selalu bergerak dalam diam bukan gelisah karena banyak pikiran. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sedang gelisah akan lebih banyak membakar kalori sebanyak 350 kalori daripada orang yang diam atau gelisah biasa.

11. Minum Kopi

Karena kopi mengandung banyak kafein, dimana kafein dapat meningkatkan kalori yang terbakar dalam tubuh hingga 75 kalori. Namun jangan meminum kopi datas jam 3 sore karena dapat mengganggu waktu tidur anda pada malam hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel